Imbau LKK Memahami Peran dalam Membantu Pemerintah

2022

MAYANGAN – Pemerintah Kota Probolinggo terus upaya memberikan penguatan untuk Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK). Kali ini giliran Kelompok Masyarakat Cahaya Baru bersinergi dengan Kelurahan Jrebeng Lor mengadakan pembinaan, Selasa (18/10), bertempat di sebuah restoran di Jalan Panjaitan.

LKK yang hadir merupakan anggota maupun kader dari Posyandu, PKK, Ketua RT/RW, LPM, Karang Taruna, dan LKL di Kelurahan Jrebeng Lor. Total sejumlah 45 peserta mengikuti pembinaan ini.

Dalam agenda tersebut turut hadir Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Wali kota mengimbau untuk selalu memahami kebijakan pemerintah dan menjadi kepanjangantangan pemerintah untuk warganya.

“Disini pemerintah mulai tingkat wali kota, sampai tingkat kecamatan dan tingkat kelurahan semua bekerja untuk mewujudkan program yang bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat. Sebagus apapun programnya, kalau tidak disampaikan ke masyarakat akan percuma,” jelas Habib Hadi yang jago bikin suasana mencair dan hangat.

Orang nomor satu Kota Probolinggo tersebut juga membeberkan capaian-capaian Pemerintah Kota Probolinggo. Diantaranya pembangunan Rumah Sakit Ar-Rozy dan pembiayaan UHC BPJS Kesehatan serta pengadaan ambulans di masing-masing kelurahan.

“Jadi nanti kalau ada masyarakat yang membutuhkan kan ambulans dan harus dirujuk ke Rumah Sakit, jangan khawatir, semuanya gratis. Telpon ke 112 pun juga tanpa pulsa. Semua ini untuk kemaslahatan bersama,” ungkapnya.

Ahmad Fatoni, selaku Ketua Pokmas Cahaya Baru menerangkan melalui pembinaan ini seluruh LKK di Jrebeng Lor dapat memahami tugas, hak, dan kewajiban yang mereka emban.  “Kebanyakan kan mereka belum paham bagaimana tugas mereka apa saja,” kata Ahmad Fatoni yang juga merupakan Ketua RW 8 Jrebeng Lor.

Terkait arahan yang sudah disampaikan oleh wali kota, Ahmad Fatoni siap untuk melaksanakan arahan tersebut. “Yaa, alhamdulillah tadi semakin jelas apa yang dijelaskan Pak Wali terkait tugas, hak, dan kewajiban LKK. Dan semoga kita bisa melaksanakan semaksimal mungkin dan semoga Kota Probolinggo, khususnya Jrebeng Lor semakin baik lagi,” pungkasnya. (sit/fa)

BAGIKAN