Ini Pesan Habib Hadi kepada Karang Taruna di Kota Probolinggo

2022

MAYANGAN - Sebagai salah satu organisasi sosial pemberdayaan masyarakat khususnya bagi generasi muda, karang taruna juga mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Probolinggo. Untuk itu, Selasa (13/9) pagi, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) setempat, menggelar pembinaan karang taruna se-Kota Probolinggo yang diikuti oleh 45 peserta di sebuah kafe di Jalan Dr Saleh. Wali kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin hadir dan membuka acara tersebut.

Kepala Dinsos P3A Rey Suwigtyo menyampaikan, pembinaan ini dilaksanakan untuk memberi bimbingan dan pencerahan bagi para pengurus karang taruna. ”Memberikan muatan atau pencerahan makna keberadaan karang taruna yang ada saat ini, karena sebagai tonggak dan pelopor untuk generasi muda yang ada di masing-masing kelurahan,” terang Tiyok sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menekankan pentingnya pembinaan ini sebagai sarana untuk menguatkan peran dan tugas pengurus dalam organisasi. "Jadi kegiatan ini sangat penting sehingga kita di dalam mengemban organisasi itu punya peran dan tugas yang harus dilaksanakan,” terangnya.

Peran serta keterlibatan dan kolaborasi pengurus karang taruna juga diharapkan oleh wali kota untuk memberi manfaat bagi masyarakat. ”Mudah-mudahan karang taruna bisa mewarnai untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat, mengedukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya kolaborasi dan bersama untuk mewujudkan harapan,” harap wali kota.

Pada kesempatan itu pula, wali kota juga mengajak seluruh ketua karang taruna se-kota untuk ikut mendukung Kota Probolinggo dalam kampanye We Love Cities yang akan dimulai tanggal 19 September mendatang. “Saya minta karang taruna semuanya untuk menyuarakan di lingkungan masing-masing,” ajak mantan anggota DPR RI ini.

Topik pembinaan ini tentang penguatan kelembagaan karang taruna yang disampaikan Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) DPD Kota Probolinggo Muchlas Kurniawan yang sekaligus anggota DPRD setempat. Turut hadir di agenda ini diantaranya pengurus karang taruna dan perwakilan dari kecamatan.

Salah satu peserta dari Ketua Karang Taruna Jrebeng Lor Doni, mengaku belum memahami sepenuhnya tentang arah kegiatan karang taruna. Sehingga melalui pembinaan ini dirinya ingin tahu banyak tentang tujuan dan program kerja karang taruna kedepannya.

"Untuk lebih jelas kegiatannya sendiri sih, ini maunya kemana, tujuannya kemana, gitu saja sih,” terang Doni yang baru dilantik bulan Januari lalu itu. (dp/fa)

BAGIKAN