Jelang Berakhir, Masih Berpotensi Tambah Medali Porprov

2022

PROBOLINGGO - Puluhan Kontingen Kota-Kabupaten se-Jawa Timur yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim, 25 Juni - 3 Juli 2022 yang digelar di 4 daerah tuan rumah, yakni Kabupaten Jember - Lumajang - Bondowoso - Situbondo, telah berhasil meraih medali dari berbagai Cabang Olahraga (Cabor). 

Ketua Umum KONI Kota Probolinggo Rahadian Juniardi  memberikan apresiasi terhadap performa atletnya yang berlaga dalam Porprov Jatim, untuk meraih prestasi yang lebih baik hingga meraih medali dan juara 1.

“Alhamdulillah awal di bulan Juli yang mengesankan. Anak-anak bangkit untuk menjadi juara. Dan kita bisa,” ujarnya bangga.

Hal ini, katanya, menjadi bukti bahwa pembinaan olahraga berjalan baik hingga berprestasi dan indikasinya bisa dilihat dari sebaran medali.

Pria yang akrab disapa Dodi itu menyampaikan bahwa, sesuai catatan prestasi KONI Kota Probolinggo, ini adalah perolehan medali emas terbanyak sepanjang mengikuti Porprov Jawa Timur (dari Porprov I tahun 2007 sampai dengan Porprov VII tahun 2022). Tentu hal ini cukup menggembirakan dan membanggakan.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa pencapaian ini berkat kerja keras, mampu bekerja sama dengan berbagai pihak dengan baik dan pembinaan keolahragaan yang baik pula,” ucapnya.

Tak kalah pentingnya dukungan dan kehadiran Pemerintah kota Probolinggo yang luar biasa dan perhatian wali kota selaku kepala daerah yang dinilainya sangat respek dan intens terhadap dunia olahraga Kota Probolinggo. 

“Semoga sisa waktu Porprov yang tinggal dua hari lagi bisa kita maksimalkan untuk menambah pundi-pundi medali. Aamiin,” harapnya.

Sampai dengan berita ini ditulis, tambahan medali emas disumbang oleh cabor anggar nomor lomba sabel beregu putri, cabor panjat tebing yang disumbang oleh Renata Sekar Maharani, Agniz Ruri Ambarwati dan Cinta Dwi Maharani pada laga SWR Relay Putri. Serta cabor catur dengan nomor lomba perorangan putra atas nama Nurul Huda.

Selanjutnya, medali perak berhasil disumbang Galang Adri Pamungkas dalam Speed World Record/SWR individual putra. Untuk kategori cabor bridge diraih Anissa Ayu Puspitasari dan Chelsea Aurelia Oldi. Tambahan medali perak juga berhasil disabet dari cabor atletik nomor lompat jangkit putra atas nama M. Arif, yakni sejauh 14,18 meter.

Tak hanya itu, nomor lomba swis putri juga ambil bagian dalam perolehan medali kali ini. Tercatat Nur Arastiya, open water finswimming, nomor lomba 1.500 Meter, cabor selam laut berhasil meraih medali perak.

Dalam update perolehan medali Porprov Jatim VII ini telah terjadi pergeseran klasemen sementara setelah beberapa kontingen kota/kabupaten berhasil mengamankan perolehan medali pada Jumat, 1 Juli 2022.

Hari ini, untuk Kota Probolinggo perolehan medali sementara Porprov VII Jatim dengan jumlah nilai poin dari konversi medali yang diraih 54 poin. Medali emas 7, perak 8, Perunggu 10. Sehingga total raihan medali mencapai 25 buah.

Rinciannya, perolehan medali emas disumbang oleh cabor catur (2), bridge (2), anggar (2) dan panjat tebing (1). Medali perak, disumbang oleh cabor atletik (3), dan cabor renang, billiar, panjat tebing, selam laut dan catur masing-masing meraih 1 medali.

Terakhir, medali perunggu disumbang oleh cabor petanque dan anggar masing-masing meraih 3 medali, cabor atletik (2), dan sisanya disumbang cabor panjat tebing dan karate masing-masing 1 medali.

Posisi tersebut menempatkan kontingen Kota Probolinggo di urutan ke 23 dari 38 kota kabupaten. (es/fa) 

BAGIKAN