Jelang Kampanye WLC, Wali Kota Minta Seluruh Elemen Kompak

2022

KANIGARAN - Tahun ini, Kota Probolinggo terpilih menjadi 3 finalis nasional dalam Kompetisi One Planet City Challenge garapan WWF Indonesia. Bersama DKI Jakarta dan Kota Balikpapan, Kota Probolinggo memenuhi syarat untuk berpartisipasi pada kampanye We Love Cities yang akan diselenggarakan secara global. We Love Cities adalah kompetisi persahabatan antar kota di seluruh dunia yang berupaya untuk menanggulangi perubahan iklim, demi bumi yang lebih baik.

Selanjutnya, Kota Probolinggo bakal mengikuti Kampanye WE LOVE CITIES (WLC), sebuah kampanye publik melalui sosial media yang mengajak seluruh masyarakat dunia menunjukkan dukungannya untuk pembangunan kota berkelanjutan dengan cara memilih kota finalis favorit mereka di www.welovecities.org dan memberikan saran perbaikan untuk kota-kota tersebut. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 72 kota dari 31 negara dunia akan mengikuti kampanye global ini.

Oleh karenanya, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin mengumpulkan jajarannya, dari Kepala PD hingga lurah, Kamis (8/9) di Puri Manggala Bhakti guna mensosialisasikan kampanye We Love Cities.

Berkaca pada gelaran pawai budaya beberapa waktu lalu yang berjalan sukses dan kompak, Habib Hadi berharap kampanye kali ini juga berlangsung sukses. “Kalau kemarin kita mulai pada saat pawai budaya luar biasa kompaknya, tapi leader dari OPD itu belum meng-create semua ASN dan non ASN untuk bersama-sama saling menguatkan satu dengan yang lain,” singgung Habib Hadi.

Ia meyakini jika kampanye we love cities masif dilakukan akan membuahkan keberhasilan, meskipun Kota Probolinggo adalah sebuah kota sedang dibandingkan dengan DKI Jakarta dan Balikpapan.

Untuk itu, dengan terpilihnya Kota Probolinggo masuk nominasi WWF, ia meminta untuk menggunakan kesempatan baik ini dengan sebaik-baiknya. “Kesempatan ini tidak akan terulang lagi. Jangan berharap tahun depan kita akan masuk nominasi lagi. Sekarang harus kita tunjukkan, yang terpenting kompak semuanya,” jelas Habib Hadi.

Ia mengimbau pada seluruh jajarannya untuk melibatkan kelompok binaan masing-masing perangkat daerah. “Libatkan semua pemangku kepentingan yang ada di masing-masing perangkat daerah. Ayo kita kerjakan semua secara masif sehingga tidak ada celah yang terlewat sedikit pun yang bisa dilibatkan apa yang menjadi gawe Pemerintah Kota Probolinggo,” imbaunya.

Secara teknis, pemenang kampanye dipilih melalui jumlah vote website, interaksi di sosial media termasuk tagar khas tiap kota serta saran atau masukan untuk membuat kota tersebut lebih baik.

Caranya, buka welovecities.org, pilih bendera Indonesia, klik probolinggo, klik vote, lakukan ini 1 kali sehari sampai dengan masa kampanye berlangsung dari 19 September hingga 31 Oktober 2022.

Masyarakat dapat memberikan dukungan untuk Kota Probolinggo dengan menggunakan hastag #WeLoveProbolinggo dan #WeLoveCities saat posting foto atau video di Facebook, Instagram dan Twitter sebanyak-banyaknya.

Like, comment dan share postingan pada FB, IG dan Twitter Pemerintah Kota Probolinggo, Handal Edukasi, ProbolinggoImpressive dan Habib Hadi Zainal Abidin. (DY/pin)

BAGIKAN