Kareng Lor Berkarya dan Berfestival untuk HadiPro 2022

2022

KEDOPOK - Kemeriahan rangkaian agenda Hadipro ke-663 tahun 2022 masih berlanjut. Minggu (18/9) siang, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi membuka Festival Karnival (Kareng Lor Berkarya dan Berfestival) di Perumahan Mutiara Bogowonto, Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok. Ribuan peserta dan penonton antusias ramaikan festival seni budaya itu.

Festival dimulai sekira pukul 13.30 mengambil rute Jalan Bogowonto, Jalan Bengawan Solo dan berakhir di Jalan Barito. Ketua pelaksana kegiatan Suyoto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa digelarnya festival ini berawal dari usulan masyarakat. "Hasil usulan masyarakat yang dituangkan dalam musrenbang," terang Suyoto.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan rasa syukurnya atas kemeriahan Hadipro di tahun ini yang dirasa sangat berwarna. "Saya merasa bersyukur atas kegiatan geliat even masyarakat dalam rangka Hadipro tahun 2022, ini begitu berwarna, sangat luar biasa," terang orang nomor satu di Kota Probolinggo itu.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada seluruh warga Kareng Lor yang telah mengikuti festival karnival serta berharap seluruh masyarakat tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan. "Jaga kekompakan, jaga kebersamaan, jangan mudah dipecah belah oleh siapapun karena kita harus bersatu untuk semuanya," harap wali kota.

Pada kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh Wali Kota Habib Hadi, untuk mempromosikan kompetisi persahabatan We Love Cities yang sedang diikuti Kota Probolinggo. "Besok akan dimulai kampanye We Love Cities, jangan lupa ya ikut vote, komen dan share, tunjukkan kecintaannya untuk Kota Probolinggo, ketik #WeLoveCities atau #WeLoveProbolinggo," ajaknya kepada seluruh warga Kareng Lor.

Sebanyak 19 tim ikut berpartisipasi dengan menampilkan atraksi kreatifitas seni budaya dan olahraga. Antara lain kreasi batik karnival, kostum daur ulang, budaya pendalungan, kesenian gejog lesung, ogoh-ogoh, kuda hias, tari nusantara, seni bela diri tapak suci dan wushu. Wali Kota Habib Hadi dan istri pun turut bergabung dalam festival dengan menaiki kereta kencana.

Salah seorang warga yang menyaksikan festival mengaku dengan hadirnya agenda ini dirasa banyak memberi manfaat bagi masyarakat. "Dengan adanya seperti ini, itu ke masyarakat banyak hasilnya, jadi kita sebagai masyarakat bisa berkreatifitas, bikin sesuatu untuk ditampilkan saat lomba, bisa bersih-bersih, jadi tiap tahun bisa membenahi lingkungan," kata Hurmilah.

Di lokasi finish, panitia juga telah menyiapkan panggung hiburan serta stan UMKM yang menjual aneka makanan, minuman dan produk kerajinan. Bersama wali kota, juga hadir di lokasi festival antara lain Ketua DPRD Abdul Mujib, Camat Kedopok Imam Cahyadi, Lurah Kareng Lor Bambang Suherman, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. (dp/fa)

BAGIKAN