Keceriaan Anak-anak di Pawai Budaya Kemerdekaan

2022

MAYANGAN - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Mayangan gelar pawai budaya memeriahkan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Selasa (30/8) pagi. Bunda PAUD Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin melepas ribuan peserta pawai di Jalan Suroyo depan TK Tunas Harapan.

Pelaksana acara Ida Wahyuni menyampaikan bahwa kegiatan pawai budaya ini adalah sarana melestarikan budaya Indonesia sejak dini. "Dengan adanya kegiatan pawai budaya ini, sebagai wadah untuk memperkenalkan kepada anak didik kita lahirnya bangsa kita sekaligus menanamkan dan melestarikan budaya Indonesia sejak dini," terang Ida yang juga Ketua IGTKI Kecamatan Mayangan itu.

Pawai yang dimulai pukul 07.00 pagi itu diikuti oleh ribuan murid dari 35 TK dan RA se-Kecamatan Mayangan. Dengan rute dimulai dari Jalan Suroyo, ke barat Jalan Ahmad Yani melewati Jalan KH Agus Salim dan berhenti di Monumen Garuda Alun-Alun Jalan KH Mansyur. Di sepanjang rute, peserta pawai menampilkan kreativitas pakaian adat budaya nusantara, budaya pendalungan, seragam profesi, kreasi tari dan drumben.

Bunda Aminah yang menyaksikan pawai hingga usai mengaku kagum melihat semangat seluruh peserta pawai budaya. Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat mengenalkan anak-anak pada nilai-nilai persatuan, kesatuan dan budaya Indonesia. "Luar biasa sekali itu tadi saya lihat beberapa TK dan PAUD, luar biasa mereka semangat dalam merayakan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini, dengan pawai budaya tadi kita mengenalkan pada mereka budaya Indonesia dan bhinneka tunggal ika," ungkap Aminah.

Salah satu peserta dari Kepala Sekolah TK Anak Sholeh Aisyatul Mardiyah mengaku bahwa seluruh pemangku kepentingan sekolahnya mendukung penuh agenda pawai budaya ini. "Alhamdulillah semuanya lancar, paguyuban, komite dan semua wali murid menyetujui semuanya dan senang hati, karena baru kali ini habis corona ada pawai lagi," terang Bu Is panggilannya.

Hadir di agenda pawai Plt Camat Mayangan M. Abbas beserta Bunda PAUD Kecamatan Mayangan Reni Abbas, Ketua Himpaudi dan Ketua IGTKI. (dp/fa)

BAGIKAN