Kemas Sosialisasi Parpol dengan Pagelaran Seni Budaya

2022

KANIGARAN – Setelah penetapan nomor urut undian Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 oleh KPU RI, kini KPU Kota Probolinggo gencar melakukan Sosialisasi Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Sosialisasi tersebut dikemas begitu apik dengan Pagelaran Seni Budaya di Gedung Kesenian, dimulai tanggal 23 – 25 Desember. 

Acara dibuka dengan tampilan menarik Lakek Perkusi (Lareh Kebonsari Wetan) yang membawakan lagu Probolinggo dan Tarian Kapang Mayong Pengrajeh. Mewakil Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Asisten Administrasi Umum Gogol Sudjarwo membuka kegiatan itu. 

"Penetapan partai politik dan nomor urut peserta partai ini adalah langkah awal dari pesta demokrasi. Pemilu merupakan proses politik untuk memilih wakil rakyat dalam proses pembangunan bangsa dan negara 5 tahun kedepan. Di satu sisi pemilu merupakan momentum untuk memperbaiki kondisi yang lebih baik lagi di masa yang akan dating," jelasnya. 

Pemilu yang berkualitas dan berintegritas, kata Gogol, akan menghasilkan wakil rakyat yang amanah yang berkualitas. Hal ini juga berpengaruh dalam kelangsungan penyelenggaraan negara. “Untuk itu kami berpesan kepada semua pihak baik para penyelenggara, peserta maupun pemilih agar dapat mensukseskan pemilu 2024 dengan aman dan kondusif,” terang Gogol saat pembukaan sosialisasi, Jumat (23/12).

Dalam kesempatan tersebut, Gogol juga mengapresiasi inovasi dan kreativitas KPU dalam mengemas sosialisasi dengan menarik dan unik. "Tentunya pemerintah merasa senang, mengapresiasi upaya-upaya KPU dengan menggandeng Dewan Kesenian sehingga menampilkan karya-karya anak muda,” ucapnya.

Senada dengan hal tesebut, Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri menjelaskan, sosialisasi dengan konsep seperti ini bukan sesuatu yang tiba-tiba. Di tahun 2020-2021 melalui komunikasi intensif KPU melakukan silaturahmi dengan berbagai stakeholder, salah satunya Dewan Kesenian Kota Probolinggo, pihaknya mengganggap keberadaan seni budaya dan pegiat memiliki peran yang luar biasa. 

Bahwasanya Pemilu tidak hanya pemungutan suara semata, pemilu bukan persoalan pemilihan calon anggota legislatif, presiden-wakil presiden dan kepala daerah, tetapi pemilu berbicara tentang kreativitas, kontribusi dan partisipasi segenap anak negeri untuk memastikan bahwa kedaulatannya penting dalam perjalanan membangun bangsa.

"Ternyata apa yang di tampilkan tadi, banyak pesan moral yang perlu direnungkan. Melalui gerak tari dan musik ini adalah salah satu bentuk aktif yang postif terhadap bangsa dan negara. Tidak terkecuali dalam rangka membangun demokrasi yang sehat dan kondusif. Sehingga apapun sosialisasi yang diselenggarakan KPU nantinya juga akan mennggandeng dari pihak Dewan Kesenian" ungkap Hudri.

Usai pembukaan kegiatan sosialisasi dilanjutkan pemberian sketsa figur Wali Kota Habib Hadi yang dibuat pegiat dewan kesenian Heri Sambodo. Dilanjutkan dengan penyerahan  hadiah dan piagam kepada pemenang finalis KPU Tiktok Minifes yang menyisir kaum milenial. Tampilan seni budaya yang memukau juga menjadi daya tarik sosialisasi sore itu. 

Nampak hadir jajaran Forkopimda, KPU Provinsi Jatim, perwakilan PD, camat dan lurah. Ada pula perwakilan KPU Kabupaten Probolinggo, ketua Bawaslu Kota dan Kabupaten Probolinggo, ketua umum parpol peserta pemilu, organisasi kemasyarakatan  dan kepemudaan. (dev/fa)

Untuk diketahui peserta parpol dan nomer urut pada saat pemilu 2024
1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2.Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
3.Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4.Partai Golongan Karya (Golkar)
5.Partai Nasional Demokrat (NasDem)
6.Partai Buruh
7.Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora)
8.Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9.Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
10.Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
11.Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda)
12.Partai Amanat Nasional (PAN)
13.Partai Bulan Bintang (PBB)
14.Partai Demokrat
15.Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
16.Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
17.Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

BAGIKAN