Keseruan Festival Layangan Naga Puncaki HPN di Kota Probolinggo

2022

KADEMANGAN – Puncak peringatan Hari Pers Nasional ke 76 di Kota Probolinggo, digelar Festival Layangan Naga, Sabtu (12/2) di Pantai Permata Pilang. 

Acara tersebut juga mengundang Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin beserta forkopimda, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, asisten, kepala perangkat daerah setempat.

Diawali dengan penyambutan  Reog dari sanggar Mardi Budoyo, dilanjutkan atraksi musik tradisional Wirojalu dan peninjauan stan UMKM.

Dalam apel yang diikuti seluruh wartawan, Wali Kota Habib Hadi bertindak sebagai pembina apel. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi acara yang dibuat oleh para wartawan Probolinggo. 

"Kegiatan ini sebagai bukti bahwa seluruh wartawan Probolinggo memegang komitmen untuk bersama-sama lebih baik. Saya juga berterimakasih kepada rekan-rekan telah mengambil tempat di Pantai Permata Pilang dan mengambil tema kearifan lokal Kota Probolinggo, itu berarti potensi Kota Probolinggo bisa berkembang lagi dan dikenal banyak orang,” ujarnya.

"Saya berharap ke depannya, kerjasama antara Kota Probolinggo dan para wartawan akan tetap harmonis dan menyampaikan informasi edukatif kepada masyarakat dan stop pemberitaan hoax, karena kita tahu media adalah ujung tombak pemerintahan, penghubung antara pemerintah dengan masyarakat,” tambah wali kota. 

Sementara itu, Rebudi, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, tema festival layangan naga diangkat karena viralnya layangan naga di Kota Probolinggo.

"Giat ini merupakan kerjasama antara media dan Pemkot Probolinggo. Dimana media sebagai pelaksana dan Pemkot sebagai supporter. Kami selaku perwakilan teman-teman mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat. Semoga sinergitas antara media dan pemerintah tetap terjalin guna mewujudkan Kota Probolinggo yang hebat dan handal,” ujar jurnalis dari Koran Memo.

Fenny, warga Kelurahan Ketapang mengatakan bahwa sangat senang dengan digelarnya acara ini.

"Seru ya, semoga saja sering digelar ke acara ini. Ini anak saya juga senang lihat layangan dari tadi, apalagi layangannya besar gitu kan ya,” serunya.

Berharap Rutin Digelar 

Partisipan dalam Festival Layangan Naga sebanyak 27 peserta yang berasal dari Kota dan Kabupaten Probolinggo. Rata-rata layangan tersebut berekor sepanjang kurang lebih 150 meter dan lebar kepala 1 sampai 1,5 meter. 

Dari 27 orang peserta didapat 4 pemenang yaitu juara 1 diraih  Abi Seka, juara 2 Sekarwangi, juara 3 Naga Mania dan juara 4 dimenangkan Songgolangit.  Para juara mendapatkan hadiah total senilai Rp 10 juta.

Menurut Agung, dewan juri festival, karakteristik penilaian dijadikan 6 kategori, yaitu konstruksi, harmonisasi, komposisi, tingkat kesulitan, originalitas dan kekompakan.

"Seandainya ada angin besar ya, kami akan menilai tingkat kekuatan terbangnya,” ujarnya.

Pemenang juara 1, yang berjudul Abi Seka, mengatakan bahwa tim Abi Seka memang sudah diniatkan dari awal untuk menang.

"Kami sudah memikirkan segalanya, sudah diproyeksikan harus menang. Kami harap semoga event-event serupa terus digelar dan pecinta layangan naga juga semakin banyak,” ujar Ismail. 

Pada kesempatan itu, tampak wali kota dan jajaran forkopimda ikut menarik layangan naga. "Sangat seru ya, unik juga. Kita harus kompak untuk bersama-sama menerbangkan layangan ini,” ujar Habib Hadi.

Terakhir,  Wali Kota Habib Hadi berharap event serupa akan digelar di Pantai Permata. "Melihat potensi alam dan kondisi pantai permata sebenarnya bisa dijadikan tempat untuk menggelar acara serupa yang tujuannya memang menghibur masyarakat, tentu saja bukan hanya menghibur, tapi potensi UMKM dan budaya yang ada di Kota Probolinggo pun akan semakin berkembang,” pungkasnya. (masita)

BAGIKAN