KSOP Resmikan Kapal Negara Patroli, Tingkatkan Penjagaan Laut dan Pantai

2022

MAYANGAN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo, Kamis (14/7) pagi, meresmikan Kapal Negara Patroli Kelas IV KN.P.4001. Apel peresmian kapal tersebut dilaksanakan di halaman KSOP yang langsung berhadapan dengan kapal yang bersandar.

Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Kementerian Perhubungan, Alwan Rasyid, memimpin apel yang dihadiri Forkopimda Kota/Kabupaten Probolinggo, termasuk Plh Wali Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati.

Alwan menjelaskan bahwa keberadaan kapal negara patrol di Unit Pelaksana Teknis (UPT) sangat penting dan menjadi keharusan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi penjagaan laut dan pantai. Yaitu menegakkan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran, melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran serta membantu melaksanakan tindakan pencarian dan penyelamatan jika terjadi kecelakaan pelayaran khususnya kapal di wilayah kerja masing-masing.

“Saya berharap kepada teman-teman di KSOP Probolinggo agar mengoperasikan, merawat dan memelihara kapal ini dengan baik untuk menjalankan fungsinya. Termasuk salah satunya mendidik masyarakat untuk menjaga keselamatan pelayaran. Tadi kita lihat ya ada transportasi kapal penumpang, itu bisa kita kasih edukasi untuk menggunakan life jacket, dan juga menjaga kelautan agar bersih. Itu salah satu kegunaan kapal ini, bukan hanya tindakan ketika ada sesuatu, tapi untuk mencegahnya,” jelasnya saat ditanya usai acara.

Usai sambutan, peresmian ditandai dengan keprok kendi yang dilakukan oleh Kepala KSOP Agus Fery Satriyo di tepi Kapal KN.P.4001 tersebut dihadapan para tamu undangan. Selain forkopimda, ada Dishub, Unit Penyelenggara Pelabuhan II Branta, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean C, Unit Kerja Keimigrasian dan perusahaan terkait. Kemudian dilanjutkan dengan Joy Sailing mengelilingi pantai dan laut sekitar menaiki kapal.

Sementara itu, Plh Wali Kota Ninik Ira Wibawati yang mengikuti acara tersebut sangat menikmati perjalanan pelayaran dengan kapal tersebut, “Tadi kita sudah mengikuti peresmian Kapal Negara Patroli 4001, alhamdulillah menyenangkan. Ini kan kapal patroli ya, harapannya untuk pengamanan di daerah sekitar sini ya, membantu wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo,” ungkap sekda perempuan pertama di Kota Probolinggo itu.

Untuk diketahui, KSOP Probolinggo mempunyai empat kapal patrol sebelumnya, dan ini merupakan kapal kelima yang mereka dapatkan dari Pemerintah. Keunggulan kapal ini bisa dilihat dari perlengkapan navigasi di ruang kendali kemudi, terdapat GPS yang penampakannya sudah 3 dimensi, radar, Kompas dan peralatan lain yang lebih baru.

“Kemudinya juga lebih enteng dari pada sebelumnya,” ujar Dian yang menahkodai kapal tersebut. Terdapat beberapa ruangan di dalam kapal tersebut yaitu ruang istirahat kru, ruang istirahat kapten, ruang kepala kamar mesin, dapur dan toilet. (sit/fa)

BAGIKAN