Lomba Gerak Jalan Peringati HADIPRO Tahun 2022

2022

KANIGARAN - Rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-663 Kota Probolinggo (Hadi Pro) geliatnya mulai terlihat. Usai mengikuti giat Senam Ceria di depan kantor Pemkot, Sabtu (3/9) pagi, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin terpantau melepas ratusan regu peserta Lomba Gerak Jalan.

Habib Hadi yang mengenakan pakaian olah raga bernuansa merah putih, saat ditemui di sela-sela acara pagi tadi menyampaikan bahwa ia mengaku bangga terhadap animo peserta yang luar biasa atas keikutsertaannya pada giat yang digelar pagi ini.

“Alhamdulillah kita bisa menyelenggarakan kegiatan setelah kita melalui masa pandemi. Ini merupakan ajang edukasi dan melatih kedisiplinan anak-anak didik. Tapi yang menjadi perhatian saya, adalah partisipasi dan kekompakan yang ditunjukkan begitu luar biasa,” ucapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Wali Kota, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo Wawan Soegyantono menyampaikan apresiasi positif dengan digelarnya kegiatan ini.

Ia menambahkan, giat ini sekaligus juga menjadi ajang edukasi dalam menumbuhkan semangat dan olahraga dalam diri meskipun pandemi belum tuntas sepenuhnya.

“Terkait pelaksanaan lomba gerak jalan ini, selain mengutamakan ketepatan waktu, lomba gerak jalan ini tentunya juga mampu menanamkan semangat kedisiplinan dan kekompakan kepada adik-adik kita, serta nantinya akan berdampak positif kepada aktivitas sehari-hari dan prestasi belajarnya,” katanya.

Wawan berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum strategis, dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme dan pembangunan wawasan kebangsaan kepada anak-anak, sekaligus untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, yang nantinya dapat menjadi insiprasi bagi anak-anak dalam mengisi pembangunan di kota yang dikenal dengan ikon mangga dan anggurnya tersebut.

Terkait kegiatan ini Wawan menambahkan, lomba gerak jalan tersebut di ikuti oleh total sebanyak 152 regu. Secara terperinci peserta SD/MI sebanyak 113 regu meliputi SD negeri 75 regu, SD swasta 10 regu dan MI 28 regu.

Sedangkan peserta SMP/MTs diikuti oleh 39 regu terdiri dari SMP negeri 10 regu, SMP swasta 13 regu, MTs negeri 1 regu dan MTs swasta 15 regu.

Lomba gerak jalan Pelajar Tingkat SD sampai SMP se Kota Probolinggo dengan menempuh jarak 2 km itu mengambil start dari Jalan Panglima Sudirman nomor 19 menuju Jalan dr. Soetomo. Lalu peserta menuju Jalan Ahmad Yani dan finish di Aloon-aloon.

Nur Amsyiah, Penanggungjawab dari regu MI Raudhlatul Muta’alimin Wonoasih mengaku senang bisa berpartisipasi dalam giat pagi ini. Ia mengatakan, berbagai persiapan pun telah dilakukan selama 2 minggu terakhir.

“Latihan dua mingguan. Persiapan fisik, mental, semuanya. Karena ini momen pertama setelah Covid ya, kami tegaskan ke anak-anak bahwa mereka harus memberikan penampilan terbaiknya dan semangat. Kalah menang, nomer sekian. Pokok nampilno seng apik disek, seng semangat, seng kompak. Menang, Alhamdulillah. Kalah, yo mosok,” ujarnya sambil tertawa.

Sementara itu salah satu peserta, Luluk, mengaku senang ketika dirinya terpilih menjadi salah satu peserta lomba. “Senang. Ndredeg. Karena yang ikut banyak juga ya. Bagus-bagus juga (perfomanya),” tuturnya.

Adapun penilaian dewan juri yang menjadi syarat kemenangan lomba ini terdiri dari kelengkapan, ketepatan waktu, kerapian dan keutuhan regu, penghormatan, buka barisan dan belok.

Dalam perlombaan ini juara akan diambil juara 1-3 dan Juara Harapan 1-3, yang nantinya akan mendapatkan trophy, piagam dan sejumlah uang pembinaan. (es/pin)

 

BAGIKAN