Lomba MTQ Kecamatan Kedopok Sukses Digelar

2022

KEDOPOK - Tasyakuran dalam rangka HUT ke-77 RI dan penyerahan hadiah Musabaqoh Tilawah Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Kedopok sekaligus santunan anak yatim, digelar cukup meriah, Senin (29/8) siang di pendapa kecamatan.

Camat Kedopok Imam Cahyadi menuturkan, giat yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus lalu itu diikuti 23 lembaga di wilayah Kecamatan Kedopok sebanyak 215 orang dengan 6 kategori. Diantaranya adalah tilawah; tartil; tahfidz; kaligrafi; komtemporer; dekorasi dan syarhil.

Lomba MTQ diadakan di empat tempat. Yakni di Kecamatan Kedopok, TK Sinar Harapan, KUA Kedopok dan Kantor BPBD. Salah satu tujuan lomba ini digelar adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Imam juga menegaskan bahwa giat ini juga untuk mencetak bibit unggul yang dapat membawa nama baik Kota Probolinggo sampai pada tingkat internasional.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin diwakili Sekda drg. Ninik Ira Wibawati mengungkapkan Kota Probolinggo pada tahun ini telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Utama. Merupakan suatu kebanggaan karena di Jawa Timur peraih KLA 2022 hanya ada 2 kota, yakni Surabaya dan Kota Probolinggo.

Untuk itu, Sekda Ninik mengucapkan rasa bangganya akan giat MTQ ini. Menurutnya, giat ini dapat membentuk akhlak mulia serta memberikan perkembangan aset besar pada anak-anak di Kota Probolinggo. “Ini aset yang sangat berharga untuk Pemerintah Kota Probolinggo. Anak-anakku semoga sehat-sehat terus, pintar, tercapai cita-citanya. Membawa nama baik Kota Probolinggo yang hebat dan handal. Terus bersaing sehat dalam MTQ yang akan dipersiapkan di Provinsi Jawa Timur,” harapnya.

Sekda Ninik juga berharap, gelaran MTQ ini dapat bersaing di kancah nasional hingga internasional. Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua LPTQ kecamatan Kedopok KH. Azis RM, Kabag Kesra Agus Dwiwantoro, perwakilan Pimpinan Bank Jatim Cabang Probolinggo, Kemenag, unsur forkopimka dan lurah se- Kecamatan Kedopok. (DY/fa)

BAGIKAN