Memperingati HUT ke-77 MA, Pengadilan Negeri Adakan Berbagai Kegiatan

2022

MAYANGAN - Pengadilan Negeri (PN) Kota Probolinggo merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, dengan melaksanakan upacara dan tasyakuran, di halaman Kantor PN setempat, Jumat (19/8) pagi.

Ketua PN Kota Probolinggo Yusti Cinianus Radjah menyampaikan bahwa tepat di hari ini, 19 Agustus, hari jadi MA biasa diperingati. Dimana usai vakum karena situasi dan kondisi pandemi 2 tahun terakhir pihaknya menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan. “Hari ini MA merayakan hari ulang tahunnya yang ke 77. Dimana kami mengadakan (kegiatan) yang bisa dikatakan meriahlah, tapi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Yusti mengatakan giat yang berlangsung sejak sekira pukul 7 pagi itu, merupakan puncak dari seluruh rangkaian HUT MA yang diselenggarakan di Kota Probolinggo pada tahun ini. Setelah upacara, giat dilanjutkan dengan momen tasyakuran dan ramah tamah antar keluarga besar lingkungan intern warga badan peradilan PN Probolinggo.

Momen tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng, yang dilakukan oleh Ketua PN. Potongan pertama tumpeng nasi kuning itu diserahkan pada pegawai termuda Yosi P Sinaga. Tak hanya sekadar memberikan sepiring nasi dengan lauk komplit, Yusti juga memberikan bingkisan hadiah dan sertifikat atas dedikasinya sebagai pencipta lagu Mars PN Probolinggo.

Yusti juga mengatakan, serangkaian giat yang telah dilakukan itu adalah salah satu bagian wujud dari rasa syukur atas kerja-kerja yang telah dilakukan. Dengan peringatan HUT ke 77 MA RI, Yusti berharap, badan peradilan Indonesia akan semakin maju dan modern, sesuai dengan tuntutan teknologi saat ini. Sekaligus memberikan layanan yang prima pada masyarakat. Termasuk pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Probolinggo untuk mendukung program-program dari MA dalam upaya mewujudkan Kota Probolinggo yang hebat dan handal.

“Pastinya kami akan mendukung dan akan terus berkolaborasi, bersinergi, bekerja bersama-sama untuk mewujudkan pemerintahan yang maju, mandiri, bermartabat menuju Kota Probolinggo ke arah lebih baik, hebat dan handal,” katanya.

Mengusung tema “Bangkit Bersama, Tegakkan Keadilan”, terhitung sejak seminggu terakhir lamanya, PN Probolinggo mengadakan serangkaian kegiatan seperti jalan santai, penyuluhan hukum, hingga bakti sosial. Sedangkan perlombaan yang diadakan meliputi lomba tenis meja, lomba gaple, lomba karaoke, lomba makan kerupuk, lomba pukul bola pakai terong dan lomba lari kelereng.

Giat pagi tadi juga dirangkai dengan pemberian penghargaan, khususnya untuk pegawai senior atas pengabdiannya dan pembagian hadiah lomba-lomba. Penghargaan khusus itu secara simbolis diberikan pada dua pegawai atas nama Bachtiar Efendi dan Abu Heriyoto. Setelahnya, mereka menuju ke panti asuhan memberikan santunan. (es/fa)

BAGIKAN