Momen Puncak Hari Santri Bersama KH Anwar Zahid

2022

KANIGARAN - Memperingati Hari Santri 2022, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Tabligh Akbar di depan kantor Wali Kota Probolinggo, Minggu (23/10). Giat ini dihadiri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, pimpinan DPRD, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, para asisten staf ahli, dan seluruh pejabat serta masyarakat.

Acara dibuka dengan Hadrah Doul Mustofa dengan membawakan lagu Hari Santri sehingga membuat para undangan sangat antusias mengikuti dan mendengarkan bacaan Selawat Nabi. Tabligh Akbar mendatangkan Penceramah KH. Anwar Zahid, pengasuh Pondok Pesantren Sabilun Najah Kabupaten Bojonegoro. Dalam kajian itu Kiai Anwar berbicara tentang sejarah santri dan tugas para santri untuk ikut membela negara sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para ulama dan para santri terdahulu.

“Kalian wajib untuk membela negara, menjaga kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dari rong-rongan para penghianat bangsa,” ucap Kiai Anwar Zahid.

Dalam tausiahnya, Kiai Anwar Zahid juga menjelaskan cikal bakal seorang tentara dan polisi adalah para ulama dan para santri. Hal itu merupakan fakta sejarah. Melihat perjuangan para ulama, para santri dengan pondok pesantrennya, maka santri harus bisa bekerja dengan keras, bekerja dengan cerdas, dan bekerja dengan ikhlas.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyebutkan rangkaian acara Hari Santri di Kota Probolinggo berjalan dengan lancar. Ia pun memberikan sejumlah pesan untuk  tetap bersatu melakukan yang terbaik.

“Ini adalah momen yang perlu kita renungkan mengenai penguatan-penguatan kewajiban kita dalam kehidupan sehari-hari. Harus berperilaku baik, melakukan suatu hal yang baik, hargai orang lain, tidak pernah merendahkan yang lainnya, saling bersatu bersama untuk melakukan yang terbaik. Kalau kita sudah niat melakukan yang terbaik hasilnya akan baik,” harap Habib Hadi. (mg-aini-nida/pin)

BAGIKAN