Musim Tanam Tiba, Pemkot Serahkan Bantuan Benih Jagung Hibrida

2022

PROBOLINGGO - Rumah Amir, Ketua Poktan Jaya di Kelurahan Pakistaji Kecamatan Wonoasih, Selasa (16/8) siang menjadi sasaran pertama dropping dan penyerahan bantuan benih jagung hibrida NK 212. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo menyerahkan bantuan benih jagung hibrida sebanyak 5,25 ton kepada 15 poktan se-Kecamatan Wonoasih. Berita acara serah terima bantuan ditandatangani Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dengan perwakilan Ketua Poktan Jaya Amir disaksikan Camat Wonoasih Deus Nawandi.

Selanjutnya, sasaran kedua ada di rumah Ketua Poktan Sumber Tani Hamid Hidayat di Kelurahan Sumber Wetan. Bantuan sebanyak 7,5 ton benih jagung diberikan kepada 20 poktan se-Kecamatan Kedopok untuk luas lahan tanam 490 hektar.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini, kita bisa menyerahkan bibit jagung di waktu yang tepat saat musim tanam tiba,” buka Habib Hadi pada sejumlah ketua poktan yang hadir siang itu. Bukan tanpa sebab, hal ini menanggapi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi terkait upaya pemerintah dalam mendistribusikan bantuan bagi sejumlah pihak, termasuk petani.

“Jadi ini sangat pas. Pemerintah memberikan bantuan pada kelompok tani dengan bibit yang bagus tapi harapannya harus betul-betul ada action langsung yaitu penanaman. Sehingga ketahanan pangan ini tetap terjaga, khususnya di Kota Probolinggo,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPKPP Aries Santoso mengungkapkan rasa syukurnya atas giat yang berlangsung tepat di musim tanam. “Kebetulan datangnya benih ini pas menjelang masa tanam. Jadi waktunya sangat tepat. Seandainya telambat datang dua minggu, para petani sudah memenuhi kebutuhan sendiri dengan benih yang ada. Dan Alhamdulillah dengan gerak cepat dari pemerintah, ada lokasi anggaran dan pengadaannya dimudahkan dalam pendistribusiannya, sehingga pas pada musim tanamnya ini bisa kita serahkan,” jelasnya. (DY/alf)

BAGIKAN