Nurul Huda, Atlet Catur Raih Medali Emas Pertama untuk Kota Probolinggo

2022

BONDOWOSO – Kabar membanggakan dari kontingen Kota Probolinggo yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur di Bondowoso. Nurul Huda, atlet cabang olahraga (cabor) catur kategori catur kilat berhasil meraih medali emas pertama untuk Kota Probolinggo, saat bertanding di arena lomba Hotel Palm, Minggu (26/6).

“Senang bercampur haru. Karena ini adalah kejuraraan Porprov pertama saya tanpa kehadiran almarhum ayah yang sekaligus pelatih saya. Tahun lalu ayah saya masih setia menemani saya,” ujar Nurul Huda, anak dari pelatih catur senior di Kota Probolinggo, Seniman Sholihin.  Nurul Huda pun meminta restu kepada masyarakat Kota Probolinggo agar bisa menang di kategori lainnya.

Ketua Percasi Kota Probolinggo M.Abbas menuturkan, pertandingan catur kilat yang dimenangkan oleh Nurul Huda menjadi angin segar bagi atlet lainya. "Alhamdulillah, ini menjadi motivasi bagi pertandingan lainnya. Pertandingan kategori catur kilat durasinya 3 menit. Sedangkan malam ini (26/6) kami mempersiapkan pertandingan berikutnya, kategori catur cepat durasinya 15 menit," ungkapnya melalui sambungan telpon.

Abbas juga menceritakan perjalanan kemenangan Nurul Huda di kategori catur kilat berdurasi 3 menit saat melawan berbagai daerah seJatim. Dengan sistem kompetisi selama 7 babak memperoleh nilai tertinggi. Lalu disaring dalam 5 babak diperoleh 4 atlet dengan nilai tertinggi. Baru kemudian dari 4 atlet ini, Nurul Huda unggul melawan Dhito atlet dari Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap bisa meraih prestasi gemilang di cabor catur. Ada 8 atlet yang kita ikutkan dalam beberapa kategori, seperti kelompok beregu putra, ganda campuran, perorangan putra dan putri. Mohon doa restunya," pinta Abbas yang juga Kepala DPMPTSP dan Naker ini.

Diketahui, kontingen cabor catur sudah berada di Kabupaten Bondowoso sejak 25 Juni hingga 1 Juli mendatang. Kategori catur kilat sudah rampung dan berhasil meraih emas, selanjutnya mereka bersiap untuk kategori catur cepat dan catur klasik. Di Kabupaten Bondowoso merupakan arena pertandingan Porprov VII untuk cabor catur, karate, taekwondo, tenis meja, menembak dan panahan. (yul/fa)

BAGIKAN