Pemkot Ajak Stakeholder Kompak dalam Pemenuhan Hak Anak

2022

KANIGARAN - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Probolinggo menggelar Bimtek Konvensi Hak Anak (KHA) selama dua hari kedepan, Selasa dan Rabu (1-2/11) di Pendapa Kecamatan Kanigaran. Bimtek diikuti sebanyak 125 orang terdiri dari Guru PAUD/TK/RA se- Kota Probolinggo, penanggung jawab Kota Layak Anak (KLA) di 5 kecamatan dan forum anak.

Kepala Dinsos P3A Rey Suwigtyo melaporkan tujuan digelar bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai konvensi hak anak (KHA). “Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman petugas layanan perlindungan anak dan pemenuhan hak anak, dengan harapan makin meningkatkan pelayanan dalam perlindungan anak dan pemenuhan hak-hak anak,” terangnya.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kapasitas perangkat daerah/organisasi/lembaga perlindungan dan pemenuhan hak anak tentang pengembangan dan penguatan kelembagaan serta sistem perlindungan anak sesuai konvensi hak anak.

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Ketua Yayasan Plato Surabaya, Bappeda Litbang, Dispendukcapil, Dinkes P2KB, Disdikbud, Lembaga Perlingungan Anak (LPA) Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur.

“Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Maka dari itu, kegiatan ini sangatlah penting apabila kita mengimplementasikan dari apa yang kita diskusikan dan kita dengar penjelasan dari narasumber. Mudah-mudahan ini merubah mindset pemikiran kita dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan khususnya hak anak,” buka Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya.

Kota Probolinggo pada tahun ini meraih peringkat utama KLA, lantas ia pun mengingatkan pada segenap peserta tidak terlena akan perolehan itu. Ia meminta peserta untuk menularkan ilmu yang didapatkan. Menurutnya, keberhasilan itu didapatkan dari kemauan yang ada dan tidak menutup kemungkinan Kota Probolinggo akan mudah untuk melangkah ke depan karena peran forum ini. “Jadi nanti apa yang disampaikan narasumber, anda sanggup menjadi pelopor di lingkungan anda,” tegasnya. (DY/fa)

BAGIKAN