Pemkot Probolinggo Apresiasi Program Axioo Program Class

2022

KEDOPOK - Kamis (7/4) siang, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Axioo dengan SMK Negeri/Swasta se-Kabupaten/Kota Probolinggo di Ruang Bromo Inspiration SMKN 1 Kota Probolinggo. Nota kesepahaman (MoU) yang dimaksud dalam rangka launching Axioo Class Program dan Pendampingan SMK Pencetak Wirausaha.

Selaku tuan rumah penyelenggara, Kepala SMKN 1 Kota Probolinggo Dwi Anggraeni menyampaikan bahwa melalui Axioo Class Program ini akan menyiapkan lulusan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sehingga diharapkan mampu menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. "Mampu berkontribusi di sektor pendidikan, sektor perekonomian, sektor industri dan sektor lainnya dengan menghasilkan produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas Dwi.

Axioo Class Program yang didukung oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras Dudi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini juga menggandeng beberapa mitra industri lainnya antara lain Maspion IT, Visipro, Sumber Rejeki dan SekolahQu.

Mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Sekda Ninik Ira Wibawati mengapresiasi dan mendukung program yang digagas oleh Axioo ini. "Kami sangat mendukung dan menyambut baik kerja sama antara sekolah dan swasta, SMK harus bisa mencetak anak didik yang hebat dan handal," terangnya.

Di depan puluhan undangan dari pimpinan SMK Negeri/Swasta se-Kabupaten dan Kota Probolinggo itu, dirinya juga menyampaikan keinginan agar kedepan mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas. "Mudah-mudahan selanjutnya masih banyak dunia usaha yang merangkul sekolah-sekolah, bekerja sama untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," harap sekda.

PT Tera Data Indonusa sebagai pemilik brand Axioo yang diwakili oleh General Manager Retail Indonesia, Umayya menjelaskan bahwa melalui program ini, Axioo akan mengusung budaya IT ke sekolah-sekolah dan menjadi sentral digital di masing-masing wilayah. "Itu nanti kita akan menjadikan sekolah Bapak Ibu sebagai sentral digitalnya di daerah masing masing," ungkapnya.

Selain penandatanganan MoU juga diserahkan 1 unit laptop Axioo kepada Sekda Ninik sebagai bentuk dukungan Axioo untuk pengembangan IT di Kota Probolinggo. Usai pembukaan acara, dilanjutkan peninjauan aktivitas siswa-siswi di Ruang Axioo Class Program yang meliputi Workshop Robot, Workshop IoT Smart Home dan Workshop Standarisasi Teknisi. Juga hadir Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Agus Lithanta dan pejabat dari mitra industri terkait di kegiatan tersebut. (dp/fa)

BAGIKAN