Pemkot Probolinggo Sabet Anugerah Meritokrasi dari KASN

2022

JAKARTA - Pemerintah Kota Probolinggo menerima Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik dalam penerapan sistem merit dan manajemen ASN di lingkungan pemerintah daerah.

Anugerah Meritokrasi 2022 itu diterima langsung oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dari Ketua KASN Agus Pramusinto di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Kamis (8/12).

Kebutuhan akan aparatur sipil negara (ASN) yang profesional, menjadi hal tak terelakkan dalam menciptakan birokrasi yang andal dan berkelas dunia. Maka dari itu, perlu diterapkan sistem merit yang baik di seluruh instansi pemerintah.

Guna mengakselerasi implementasinya, KASN, menggelar Anugerah Meritokrasi untuk mengapresiasi implementasi sistem merit pada manajemen ASN di instansi pemerintah yang merupakan bagian dari upaya pengawasan KASN.

Kota  Probolinggo sendiri meraih predikat baik dengan nilai 307, berada persis di urutan kedua setelah Pemerintah Kota Pontianak yang mendapat nilai 317.

Dalam sambutannya, Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto menyebutkan, pihaknya menetapkan 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit “Sangat Baik” dan “Baik”. Rinciannya, terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih predikat “Sangat Baik” dan 144 peraih predikat “Baik”.

“Keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di instansi pemerintah yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN-nya. Selain itu, keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dan instansi paguyuban dalam menerapkan sistem merit,” ucapnya.

Prof. Agus menambahkan, gelaran Anugerah Meritokrasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah supaya melakukan percepatan sistem merit.

KASN pada kesempatan ini juga menerima sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dalam Penilaian Sistem Merit. Hal ini merupakan bentuk komitmen KASN demi memastikan kualitas penilaian yang sudah sesuai dengan standar yang diakui internasional.  “Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” harap Agus.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan penghargaan ini merupakan keberhasilan semua pihak. Menurutnya, dengan kebersamaan berbagai pihak Pemerintah Kota Probolinggo dapat menerapkan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Dengan tanpa membedakan latar belakang politik, SARA, gender, umur dengan tetap mematuhi peraturan yang ada tentang ruang lingkup sistem merit.

“Harapan saya dengan diraihnya penghargaan ini Pemerintah Kota Probolinggo memiliki sumber daya ASN yang berkualitas dan kompeten dalam bidang tugas masing-masing, sehingga hasil kerjanya dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo,” tulis Habib Hadi dalam akun media sosial pribadinya. (es/fa)

BAGIKAN