Pengelolaan Produk Kreatif Tingkatkan Ekonomi UMKM

2022

MAYANGAN - Pokmas Wiro Karya Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan menggelar Sosialisasi Pengelolaan Produk Kreatif Masyarakat Kelurahan, Senin (24/10), di sebuah gedung kawasan Jalan Dr Sutomo. Dihadiri Sekda drg. Ninik Ira Wibawati diikuti 62 warga kelurahan setempat, kegiatan ini bertujuan agar produk ekonomi kreatif yang dihasilkan masyarakat dapat terjual sehingga pendapatan ekonomi masyarakat dapat meningkat.

“Ekonomi kreatif dimaksudkan untuk membahas bentuk kegiatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi wilayah dan kemampuan yang dimilikinya yang difokuskan pada tiga indikator, yaitu inovasi atau kreatif, modal dan pemasaran,” jelas Lurah Wiroborang Firman Wigahadi dalam laporannya.

Sementara itu, Sekda Ninik menilai sosialisasi e-marketing ini sebagai metode pemasaran secara online. “Penggunaan pemasaran secara online melalui beberapa aplikasi seperti sosial media dan e-commerce dapat meningkatkan penjualan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini warga tidak hanya sebagai pembeli di e-commerce, namun juga bisa menjadi salah satu penjual yang ada di e-commerce,” harapnya.

Diakui oleh Ninik, ekonomi kreatif memiliki potensi dan peran yang cukup strategis dalam memberikan efek ke depan yang positif, dengan cara meningkatkan produktivitas tetapi juga meningkatkan nilai tambah industri kreatif. “Selain itu, sosialisasi e-marketing ini juga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat UMKM dan produk kreatif, memperkenalkan perkembangan teknologi e- commerce. Serta untuk mengembangkan ilmu pengetahuan kepada kelompok produk kreatif Kelurahan Wiroborang,” urainya.

Sejalan dengan itu dibutuhkan sumber daya manusia untuk menuju kemandirian UMKM dan produk kreatif. Selanjutnya, dilakukan pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan dan berkoordinasi bersama instansi terkait untuk menjaga kelangsungan para UMKM dan juga para pelaku ekonomi produk kreatif. Narasumber giat itu Guru SMKN 1 Kota Probolinggo Purwanti dan Dewi Sartika. (DY/fa)

BAGIKAN