Penguatan Kolaborasi dan Kerja Sama LKK Bagi Kemaslahatan Masyarakat

2022

MAYANGAN - Sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), tugas dan fungsinya mendorong prakarsa masyarakat untuk memberikan kontribusi secara efektif dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal inilah yang mendasari digelarnya kegiatan pembinaan LKK dengan tema “Kolaboratif Elemen Masyarakat Kota untuk Tumbuhnya Creative Initiative di wilayah Kelurahan Jrebeng Wetan Kecamatan Kedopok” di Bale Hinggil, Selasa (9/8).

Pembinaan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari LPM, RT/RW, kader posyandu, kader PKK dan karang taruna dibuka Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Ia menginginkan, LKK sebagai mitra kelurahan dan kecamatan diharapkan dapat merencanakan kegiatannya sehingga bisa meningkatkan kualitas layanan sesuai dengan perkembangan zaman.

“LKK harus bersatu padu saling membantu dan saling menguatkan di dalam pelaksanaan semua kegiatannya. Sehingga kolaborasi ini benar-benar dirasakan dampak dan manfaatnya bagi masyarakat di kelurahan masing-masing. Inilah tantangan dan komitmen harus ditunjukkan di kelurahan ini mampu menjadi satu kesatuan untuk menyukseskan segala kegiatan,” ujarnya.

Habib Hadi menandaskan, ujung tombak pemerintahan berada di kelurahan sehingga sinergitas di masyarakat sangat dibutuhkan. Jika masyarakat saling mensupport dengan kegiatan yang bermanfaat maka kenyamanan yang akan didapatkan. Untuk itu, kelurahan harus benar-benar mampu berkolaborasi mewujudkan sesuatu yang bermanfaat bagi warganya.

“Sebagus apapun yang kita lakukan tidak akan dirasakan oleh warganya, jika masyarakat sendiri tidak mensupport pemerintah. Dengan adanya teknologi yang sudah kita kembangkan yakni Portal Emas. Tanpa adanya support dari RT/RW juga akan percuma. Kita mengupayakan agar pelayanan tetap berjalan dengan baik maka kita berikan paket data sebanyak 8 GB. Mudah-mudahan bisa membantu agar pelayanan tetap berjalan,” terangnya.

Habib Hadi berharap baik di kelurahan, RT/RW, LPM, kader posyandu, kader PKK dan Karang Taruna agar tidak berkecil hati. “Walaupun banyak cibiran tetapi alhamdulillah semuanya tetap ikhlas menjalankan tugas ini. Terima kasih atas kerja samanya. Mudah-mudahan kekompakan tetap terjalin dan kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat. Keberhasilan pemerintah bukan karena kepala daerahnya tetapi didasari oleh kekompakan dari semua elemen,” tandasnya.

Senada dengan wali kota, Camat Kedopok Imam Cahyadi menyampaikan pihaknya akan melakukan pembinaan LKK tidak hanya di wilayah Kelurahan Jrebeng Wetan tetapi juga di 6 kelurahan lainnya. “Karena harapannya LKK yang dibentuk tidak hanya berdiri sendiri, namun lembaga yang ada di dalamnya seperti LPM, RT/RW, kader PKK, kader posyandu dan Karang Taruna dapat saling berkolaborasi dan saling bahu membahu bekerja sama. Dari kolaborasi ini akan meningkatkan kinerja dari masing-masing lembaga untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harapnya. (mir/fa)

BAGIKAN