Persipro 54, Wajah Baru Laskar Minak Jinggo

2022

MAYANGAN - Mengisi kemeriahan panggung Festival Pendalungan Hadipro tahun 2022, Jumat (9/9) malam, Ketua Asosiasi Kota Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askot PSSI) Probolinggo Eko Purwanto gelar launching Tim Persipro 54. Persipro 54 adalah nama baru untuk klub dengan julukan Laskar Minak Jinggo itu. Seluruh pemain dan ofisial diperkenalkan di depan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan ribuan warga yang memenuhi Stadion Bayuangga.

Dijelaskan oleh Eko, pemilihan nama baru ini diambil dari tahun berdiri klub yang memiliki nama lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia Probolinggo itu. “Persipro 54 ya kita ambil dari mulai berdirinya, mulai tahun 1954, perubahan dari Persipro dan sekarang kita ganti Persipro 1954,” terang Eko yang juga anggota DPRD Kota Probolinggo itu.

Masih menurut Ketua Askot PSSI Probolinggo, anggota Tim Persipro 54 ini terbagi dalam 2 kategori, yakni pemain U-17 dan pemain Liga 3. Keduanya telah dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi dalam waktu dekat. “Pemain dari Persipro 54 yaitu yang mengikuti Liga 3 kita perkenalkan dari lini ke lini, mulai penjaga gawang, pemain tengah, pemain belakang dan pemain depan dan juga ada namanya Persipro 54 yang U-17 yang mana akan mengikuti piala Soeratin,” tambah Eko.

Secara komposisi asal pemain, Askot PSSI Probolinggo menetapkan aturan 60 banding 40. Artinya, 60% pemain Persipro 54 adalah warga Kota Probolinggo dan sisanya berasal dari luar Kota Probolinggo yang dipilih melalui seleksi terbuka. Sementara itu, dari segi jumlah, pemain kategori U-17 diperkuat dengan 19 orang pesepak bola dengan 9 orang official. Untuk Liga 3 diisi sebanyak 28 pemain dan 11 orang ofisial, termasuk Wali Kota Habib Hadi yang juga didapuk sebagai manager di dalamnya. 

Ditemui usai acara, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menandai peluncuran Tim Persipro 54 ini sebagai titik awal untuk meraih prestasi. “Tentunya Persipro 54 ini sudah kita launching, sehingga ini menjadikan langkah awal kita untuk membangkitkan kembali kebanggaan kita yaitu Persipro ini, supaya bisa betul-betul menjadikan suatu langkah awal untuk meraih prestasi yang kedepan,” jelas Habib Hadi. 

Hingga saat ini, organisasi yang membina sepak bola di Kota Probolinggo itu, masih menunggu jadwal pasti terkait Kompetisi Liga 3 Jawa Timur maupun Piala Soeratin dari panitia penyelenggara. Namun yang terdekat, Sabtu (10/9), pemain Liga 3 Persipro 54 akan melakoni pertandingan uji coba lawan Pasuruan United di Stadion Pogar Bangil. 

Salah satu penonton agenda launching Tim Persipro 54, Fikri berharap tim kebanggaannya bisa lebih sukses kembali. “Saya ngikutin dari dulu, sering ikut juga nonton di luar kota, harapannya semoga lebih sukses dan meraih juara,” terangnya.

Berikut adalah daftar pemain U-17 Persipro 54. Penjaga Gawang yakni Afdonio Herlan F dan Ahmad Hengky Aditya. Berikutnya ada 7 pemain belakang antara lain Dimas Fillah, M Gery Putra Wijaya, Dimas Sulaiman, Rio Ferdinand, Evan Cahya, M Farel Widyanto dan M Rahadian. Selanjutnya pemain tengah Alfin Frian Saputra, Ariel Cristiano, Rafli Juniar, Arya Ditra Prayoga dan M Risky Kurniawan. Pemain depan terdiri dari Rexandria Axel Xevandro, Rudi Wijaya, Fikri Wahyu Zakaria, Abdul Ghofarus Suliwa dan M Rizqy Nanda Putra Abdillah. 

Selanjutnya untuk pemain Liga 3 Persipro 54. Bagian penjaga gawang ada 3 pemain yakni Tranggono Beno, Dimas Adi Pratama dan Alex Bittuqo. Selanjutnya pemain belakang antara lain Muchlis Rasyid Aditya, M. Wahyu Buono, Deny Riyansyah, Fistian Januar, Djaffar Shodiq, M. Fandy Irawanto, Aditya Bayu Putra Bahtiar, Bayu Ismail, Ahmad Mabruri dan Auriga. Berikutnya pemain tengah terdiri dari Risdianto, Abdul Haris, Thoriq Azizi, Hafidz Abiyunuha, Mahesa Ghazi Omar Atmaja, Diego Fernando, Dana Rizky Aimar, Fian Orie Irmawan dan Abdul Kodir. Pemain depan diantaranya Pandu Winata, Muammar Kadhafi, Mochammad Ifan Saiful Anam, Irfan Efendi, Marzuki Mirza Mahendra dan Rifan Efendi.

Acara semalam juga dihibur dengan penampilan musik dan seni tari dari pelajar SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3 dan SMKN 4. Serta lantunan lagu dari penyanyi dangdut Indonesia Cak Sodiq New Monata. Turut hadir di lokasi acara diantaranya Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan, Kadispopar Fajar Poernomo dan Ketua Koni Kota Probolinggo Rahadian Juniardi. (dp/fa) 

BAGIKAN