Pondok Ramadan Sebagai Sarana Ibadah dan Menambah Wawasan

2022

KADEMANGAN - Pondok Ramadan TP PKK Kota Probolinggo kembali digelar, Kamis (14/4) di Ponpes Raudlatut Tholibin Kelurahan/Kecamatan Kademangan. Hadir Nyai Muzdalifah Pengasuh Ponpes Nurul Yakin Jrebeng Kidul sebagai penceramah dengan materinya niatnya orang beribadah. Ia menuturkan jika niat seseorang tepat, ibadah yang dikerjakan juga akan diterima oleh Allah SWT.

“Semuanya tergantung dari niatnya,” jelas Nyai Muzdalifah dihadapan peserta ibu-ibu pengajian muslimat kelurahan se- Kecamatan Kademangan, perwakilan Pokja PKK Kecamatan Kademangan dan jajaran Pokja 1 TP PKK kota.

Antusiasme peserta Pondok Ramadan terasa manakala peserta menyimak dengan baik materi penceramah dengan berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan panitia. “Alhamdulillah, kita berbagi sedikit Ilmu. Mungkin yang mereka belum tahu soal Ramadan, soal salat, atau apa pun yang mereka bisa tanyakan dan masyarakat pun antusias untuk menanyakan uneg-unegnya. Alhamdulillah sudah dijawab dengan jelas, semoga bermanfaat bagi mereka,” ungkap Ketua TP PKK Aminah Hadi.

Hal itu diamini Eliyana, istri Lurah Kademangan Bagus, salah satu peserta Pondok Ramadan. “Ingin mendapatkan ilmu. Saya yang fakir (kurang) ilmu, dengan adanya Pondok Ramadan ini bisa menambah wawasan keilmuan saya. Selain itu di ajang ini, saya bisa bertemu dengan saudara-saudara yang seiman bersama-sama mendalami,” jelas Eli.

Pondok Ramadan ini tidak menyurutkan langkah wanita berusia 37 tahun itu yang hadir bersama kedua putranya yang masih balita (3 tahun dan 4 tahun). Menurutnya, dengan membawa kedua buah hatinya di majelis semacam ini bisa mengenalkan sarana ibadah. “Alhamdulillah, ini juga mengenalkan mereka (anak-anak saya) sejak dini menuntut ilmu dalam bersikap,” ulas Elly. (DY/fa)

BAGIKAN