Prestasi Kontingen Kota Probolinggo di Porprov Bikin Bangga

2022

LUMAJANG - Gegap gempita penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022 digelar di Stadion Semeru, Lumajang, Minggu (3/7) malam, menyisakan kebanggan luar biasa untuk kontingen Kota Probolinggo. Raihan medali dalam Porprov tahun ini menjadi yang terbanyak dibanding event serupa di tahun sebelumnya.

Penutupan Porprov malam itu, dihadiri Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang hadir bersama sang istri Arumi Bachsin, Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Dari Kota Probolinggo, hadir Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo dan Ketua Umum KONI Rahadian Juniardi beserta pengurus.

Closing seremoni Porprov 2022 dibuka tarian kolosal topeng Kaliwungu dan Tari Godril dari Kabupaten Lumajang. Selanjutnya, kontingen dari 38 kota-kabupaten se Jawa Timur walk around menuju lapangan Stadion Semeru. Keseruan bertambah dengan penampilan Denny Caknan dan Cak Precil.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Jawa Timur menuturkan tujuan digelarnya Porprov Jatim. “Porprov Jatim ini sebagai kawah candradimuka bagi para atlet serta ajang mengasah bakat di bidang olahraga. Sehingga bisa mengharumkan nama Jawa Timur,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo menilai para atlet yang berlaga dalam kejuaraan tahunan ke 7 itu mengalami kemajuan yang begitu pesat. Terbukti raihan medali yang diperoleh tahun ini adalah capaian terbanyak yang pernah diraih. “Alhamdulillah kontingen kita mengalami kemajuan. Dimana pada ajang yang sama tahun lalu, kita hanya mampu memperoleh dua emas, enam perak dan empat belas perunggu,” ujarnya.

Hal itu dapat tercapai karena komitmen Wali Kota Habib Hadi untuk meningkatkan prestasi olahraga Kota Probolinggo bekerja sama dengan para penggiat olahraga. Ia pun mengucapkan selamat pada KONI Kota Probolinggo atas capaian tersebut. Ia berharap, torehan prestasi ini mampu menjadi pemicu kebangkitan atlet Kota Probolinggo

Ketum KONI Rahadian Juniardi pun mengaku bangga atas raihan semua atlet. Kontingen Kota Probolinggo membawa kekuatan 205 orang berhasil meraih 8 emas, 10 perak dan 14 perunggu, dengan total poin 66. Dengan raihan tersebut Kota Probolinggo menduduki peringkat ke 24 dari 38 kota-kabupaten se-Jawa Timur.

Pencapaian ini adalah bukti kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama yang baik dari semua elemen yang berkompeten. “Alhamdulillah, hasil tidak mengkhianati usaha. Kota Probolinggo berhasil meraih medali terbanyak dan poin terbesar sepanjang keikutsertaan kontingen Kota Probolinggo dalam ajang Porprov. Terima kasih atas support dan perhatian semua pihak, Pemkot, wali kota yang luar biasa dan doa restu masyarakat Probolinggo. Kota Probolinggo hebat dan handal. Probolinggo juara,” serunya bangga.

Sebagai informasi, Porprov Jatim dua tahun mendatang akan digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang. (es/fa)

PEROLEHAN MEDALI KOTA PROBOLINGGO DI PORPROV JATIM 2022

No.

MEDALI

CABANG OLAHRAGA

PEROLEHAN MEDALI

1

Emas

Catur

2

Bridge

2

Anggar

3

Panjat Tebing

1

Total perolehan medali emas

8

2

Perak

Renang

1

Atletik

3

Biliar

1

Panjat Tebing

1

Selam Laut

1

Catur

1

Balap Sepeda

1

Senam

1

Total perolehan medali perak

10

3

Perunggu

Petanque

4

Panjat Tebing

1

Anggar

3

Atletik

2

Karate

1

Selam Laut

1

Senam

1

Sepak takraw

1

Total perolehan medali perunggu

14

4

TOTAL KESELURUHAN

32

BAGIKAN