Puluhan Anak Ikuti Khitanan Massal Peringati HKN

2022

MAYANGAN - Sebanyak 88 anak mengikuti khitanan massal yang digelar oleh Dinas Kesehatan P2KB dan UOBK RSUD dr. Moh. Saleh bekerja sama dengan BAZNAS Kota Probolinggo. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022, Sabtu (12/11) di rumah dinas wali kota.

"Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan membawa manfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo," ujar Ketua Pengadilan Negeri Yusti Cinianus Radjah dalam sambutannya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB dr. NH. Hidayati menjelaskan kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58. Selain itu juga ada kegiatan bakti sosial seperti donor darah, pemberian bantuan sembako bagi masyarakat yang kurang mampu, dan kunjungan ke Panti Wreda dan kasus-kasus sensitif yang memerlukan penanganan. 

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat yang datang sangat tinggi. Ini menjadi bukti masyarakat Kota Probolinggo sangat peduli dengan kesehatannya. Walaupun ada yang takut untuk dikhitan tapi alhamdulilah banyak yang mau dan selesai disunat," bebernya.

dr.Ida-sapaan akrabnya mengungkapkan sasaran sebanyak 88 anak ini melingkupi 5 kecamatan di wilayah Kota Probolinggo. "Tadi juga ada simbolis penyerahan bantuan berupa paket baju koko, sarung dan uang saku bagi mereka agar mereka bahagia setelah selesai dikhitan,"imbuhnya.

Ia juga berharap kegiatan ini akan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan. 

"Harapannya melalui kegiatan ini maka akses pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan baik dan bisa langsung menyentuh pada masyarakat," harap dr. Ida.

Salah satu wali peserta khitan massal merespon baik kegiatan ini. "Alhamdulillah anak saya sudah selesai dikhitan, walau sempat takut tapi dokter-dokter bisa membuat anak saya jadi tidak takut. Semoga ke depan kegiatan ini ada terus jadi banyak yang terbantu," ujar Anton warga Kecamatan Mayangan. (mir/fa)

BAGIKAN