Ratusan Penyelam Kibarkan Bendera dan Panji Pemkot Di Dasar Laut

2022

PROBOLINGGO - Ratusan penyelam menggelar pengibaran bendera merah putih dan panji Pemerintah Kota Probolinggo dalam rangka Hari Jadi ke-663 Kota Probolinggo dari dasar laut di Pulau Gili Ketapang Probolinggo, Minggu (4/9).

Penyelaman dilakukan oleh anggota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Probolinggo dan komunitas selam Jawa Timur. Layaknya upacara di lapangan atau Alun-alun, prosesi pengibaran bendera merah putih juga dilakukan oleh petugas pengibar bendera. Bedanya, kali ini para petugas dilengkapi dengan peralatan menyelam.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin kemudian menyerahkan bendera merah putih dan panji Pemkot kepada Dandim 0820 Letkol Arh. Arip Budi Cahyono yang juga menyelam bersama Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani. Lambang negara Indonesia dan panji Pemkot langsung dibawa ke dasar laut untuk dikibarkan.

Sebelumnya telah ada beberapa tim penyelam yang menunggu dan bersiap untuk mengibarkan bendera. Diiringi lagu Indonesia Raya perlahan bendera merah putih dikibarkan di dasar laut, lalu diikuti dengan pengibaran panji. Sementara dari atas laut wali kota dan puluhan undangan yang hadir tampak khidmat mengikuti prosesi di atas kapal.

“Tidak ada kendala di bawah tadi, aba-aba dan penghormatan semuanya jelas sehingga pengibaran bisa terlaksana dengan baik. Walau ada sedikit arus kencang tapi tidak menjadi kendala berarti bagi kami,” kata Evi, salah satu penyelam dari komunitas selam Jawa Timur.

Keberhasilan pengibaran bendera merah putih dan panji Pemkot Probolinggo di dasar laut sangat disyukuri oleh Wali Kota Habib Hadi.  “Alhamdulillah rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke-663 Kota Probolinggo melibatkan semua elemen di masyarakat, mulai dari atlet hingga komunitas. Pengibaran bendera merah putih dan panji Pemkot di dasar laut yang dilakukan para penyelam sebagai momentum kebersamaan dalam membangun Kota Probolinggo. Keanekaragaman semua kita rangkul bersama untuk membangun Kota Probolinggo lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Habib Hadi mengapresiasi semangat para penyelam yang mampu mengatasi segala kendala ketika berada di dasar laut. “Para penyelam sangat luar biasa bisa menguasai dalam situasi apapun. Ini menjadi spirit bahwa tantangan apapun yang dihadapi bisa kita lalui asal ada kemauan. Sekali lagi selamat Hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo, semoga ke depan Kota Probolinggo lebih hebat dan handal,” pesannya. (mir/fa)

BAGIKAN