Restocking Benih Ikan, Upaya Kembalikan Ekosistem Sumber Mata Air

2022

PROBOLINGGO - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo melakukan restocking bibit ikan mas di dua lokasi, yakni sumber mata air Gayam Kelurahan Pilang dan sumber mata air Mutiara Kelurahan Sumber Wetan, Jumat (25/3) pagi.

Kegiatan restocking merupakan salah satu upaya DPKPP setempat untuk mengembalikan fungsi dan peran sumber mata air sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Jumlah bibit ikan yang ditebar di dua tempat, masing-masing berjumlah 9.100 ekor ikan emas.

“Dengan menebar bibit ikan untuk menjaga keseimbangan lingkungan di sekitar mata air.  Jika kehidupan ikan di sumber mata air bisa berlangsung normal maka kondisi mata air tersebut masih baik. Tidak hanya baik untuk ikan saja tetapi baik juga untuk kita yang mengkonsumsi ikan tersebut,” ujar Kepala DPKPP, Aries Santoso.

Menurutnya, dengan restocking akan meningkatkan sumber daya ikan menjadi semakin banyak sehingga nantinya mendatangkan manfaat bagi masyarakat di sekitar sumber mata air. Misalnya melalui kegiatan memancing, wisata, kuliner bahkan event besar lainnya.

“Kegiatan restocking hampir setiap tahun dilakukan. Kami berupaya agar kelangsungan hidup ikan dan pemanfaatan sumber mata air yang ada ini benar-benar dilestarikan serta diberdayakan oleh masyarakat sekitarnya. Selain mampu mempertahankan debit airnya, juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Umumnya benih ikan yang ditebar adalah jenis ikan komoditas lokal yang cocok dengan wilayah sasaran,” urai Aries.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setiorini Sayekti yang hadir mewakili Ketua Forikan Kota Probolinggo, menegaskan kegiatan restocking sebagai upaya untuk menjaga kualitas sumber mata air dan pengembangan perekonomian lokal. “Tempat sudah bagus dan infrastrukturnya mudah dijangkau oleh masyarakat, harapannya kelompok masyarakat yang ada disini mampu memelihara benih-benih ikan yang sudah ditebar ini. Juga menjaga keberlanjutannya,” tandasnya usai simbolis penebaran ikan.

Rini-sapaan akrabnya menginginkan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) sebagai mitra DPKPP bersama masyarakat sekitar mampu memanfaatkan sumber mata air ini yang selaras dengan program prioritas Wali Kota Probolinggo, yaitu pengembangan UMKM. Tidak hanya mampu menjaga kelestarian alam dan sumber daya ikan serta bisa dijadikan sarana strategis untuk pengembangan UMKM.

“Kegiatan ini juga sebagai support untuk gerakan gemar makan ikan. Selain itu juga sebagai upaya menjaga sumber pangan dan protein untuk masyarakat. Saya berharap masyarakat tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak merusak sumber mata air,” pesannya. (miranti)

BAGIKAN