Road Race Championship 2022 Sukses Digelar, Wali Kota Sampaikan Rencana Pembangunan Lintasan

2022

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin membuka secara resmi HADIPRO HANDAL Road Race Championship 2022, Minggu (21/8) pagi. Lebih dari 230 pembalap dari dalam dan luar Jawa Timur ikut dalam road race yang digelar di perlintasan Jalan Panglima Sudirman itu. 

“Tentunya dalam momen Hari Jadi Kota Probolinggo, road race ini diselenggarakan di kota. Mudah-mudahan menjadi event rutin di Kota Probolinggo. Karena event ini sebagai wadah pemuda yang punya hobi, jadi tempat uji kemampuan dan adrenalin tanpa menganggu pengguna jalan saat balapan liar. Disinilah tempatnya,” tegas Wali Kota Habib Hadi saat membuka acara. 

Kabar menggembirakan pun disampaikan oleh Habib Hadi soal pembangunan lintasan road race di Kota Probolinggo yang sedang masuk tender. “Insyaallah pemkot tahun ini siapkan anggaran lintasan sepanjang 800 meter. Mudah-mudahan tender lancar sehingga tahun ini bisa terealisasi dengan baik. Tempatnya di GOR Mastrip. Road race kegiatan positif yang bisa dikembangkan untuk mengasah potensi dan keterampilan anak muda,” jelasnya. 

Panitia road race, Eko Purwanto melaporkan, event yang dilaksanakan bertepatan dengan menyambut Hari Jadi ke 663 Kota Probolinggo itu memberikan ruang bagi pecinta otomotif. “Ada 24 kelas yang diikuti lebih dari 230 pembalap,” katanya. 

Kelas yang dipertandingkan antara lain bebek 4T 125 CC pemula, supermoto 180 CC kares, BBK 4T 150 CC dan 125 CC, BBK 2T 125 CC dan 116 CC. Ada mini GP sampai dengan 9 tahun dan 12 tahun, RX King 150 CC. 

“Terima kasih semua jajaran keamanan, TNI-Polri, Satpol PP beserta semua perangkat daerah dan IMI Jawa Timur yang mendukung suksesnya acara ini. Juga pihak sponsor,” jelas Eko. 

Sejumlah pejabat nampak hadir di HADIPRO HANDAL Road Race Championship 2022. Yakni Dandim 0820 Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, perwakilan forkopimda, kepala perangkat daerah terkait seperti Kepala Satpol PP Aman Suryaman, Kepala Dishub Agus Efendi, Plt Kepala Dispobar Fajar Poernomo, Ketua KONI Rahadian Jurniardi serta pihak sponsor. 

Sementara itu, ditemui usai event, panitia road race Opik mengungkapkan berkat kerja sama penyelenggara dengan IMI Jatim, semua dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang ada. Bahkan seminggu sebelum acara, panitia sudah memberikan aturan perolehan hadiah, kelas yang dilombakan dan denah sirkuit.

“Sehingga para tim balap yang datang dari luar kota sudah memahami konsekuensinya. Alhamdulillah juga dari kota Probolinggo sendiri ternyata banyak bibit-bibit pembalap yang harus diperhatikan,” tuturnya. (fa)

BAGIKAN