RT-RW dan LPM di Kecamatan Wonoasih-Kedopok Terima Penghargaan

2022

PROBOLINGGO - Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan pada kecamatan se-Kota Probolinggo, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan penghargaan pada acara Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Sumber Daya Manusia (SDM) bagi RT, RW dan LPM Termin II tahun 2022, di Pendapa Kecamatan Wonoasih dan Kecamatan Kedopok, Senin (5/9) pagi.

Hal ini dilakukan sebagai ucapan terima kasih karena RT, RW dan LPM telah mendedikasikan hidupnya untuk masyarakat sehingga Pemkot Probolinggo dapat meraih penghargaan dalam penyelenggaraan pemerintahan baik tingkat regional maupun nasional.

“Semoga penghargaan untuk semua RT-RW dan LPM se-kota ini bermanfaat bagi bapak dan ibu sekalian, sebagai bentuk apresiasi dari kami. Jangan dilihat nominal yang diberikan, akan tetapi yang penting adalah niat dan tujuan kita guna memotivasi untuk lebih produktif,” ucap Habib Hadi.

Wali Kota menyampaikan bahwa capaian program yang telah dilaksanakan pada 3 tahun kepemimpinannya saat ini telah banyak yang terealisasi. Diantaranya pendidikan gratis, Universal Health Coverage (UHC), Opini WTP, pembangunan RS Ar-Rozi, revitalisasi Alun-alun dan gedung Dekranasda, pembangunan Pasar Baru.

Pemkot juga mengikutsertakan BPJS bagi nelayan kecil, guru mengaji/sekolah minggu, Ketua RT/RW, bantuan hibah jasa listrik untuk rumah ibadah, jaringan gas, sarana dan prasarana damkar kebersihan, alat pemeriksaan serangan jantung, ambulans siaga, mobil operasional DBHCHT, jaringan internet metrolink, Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Unit Kantor Keimigrasian (UKK), jalur sepeda, program rumah tak layak huni, renovasi Masjid Agung Raudhotul Jannah, sertifikasi tanah aset dan jalan serta penghargaan untuk atlet berprestasi. “Alhamdulillah sebagai contoh beberapa hari yang lalu salah satu RT/RW di Kecamatan Wonoasih sudah mendapatkan manfaat dari BPJS ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan, apabila ada rumah ibadah yang belum mengajukan hibah listrik, agar segera mengajukan dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. “Ajukan melalui Bagian Kesra! Karena saya ingin seluruh rumah ibadah di Kota Probolinggo terfasilitasi pembayaran listrik dan PDAM-nya. Harus bersertifikat wakaf ya, karena rumah ibadah itu menjadi fasilitas umum yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota,” tuturnya.

Dalam lawatannya ke dua lokasi itu, Habib Hadi juga berpesan untuk memanfaatkan fasilitas mobil akad dan guest house gratis dari Pemkot Probolinggo. “Silakan pakai mobil dinas saya N 1 PP untuk akad. Saya juga menyiapkan 4 kamar, khusus bagi calon pasangan pengantin yang akan mensahkan pernikahan pertamanya. Gratis,” tegasnya.

Orang nomor satu di Kota Manggur ini pun mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama saling mendoakan kebaikan demi keberlangsungan Kota Probolinggo kearah yang lebih baik. Bersama-sama memegang amanah jabatan yang diemban dengan sebaik-baiknya.

“Jabatan bukan segalanya. Tapi kemaslahatan itulah yang menjadi tujuan. Prestasi keberhasilan yang diraih Pemkot, itu adalah bentuk apresiasi atas wujud komitmen yang kita pegang bersama. Doakan semoga perjalanan ini istiqamah, amanah yang kita emban bentul-betul dapat bermanfaat dan manfaatnya dirasakan masyarakat,” tandasnya.

Dengan diundangkannya Peraturan Wali Kota (Perwali) Probolinggo Nomor 153 Tahun 2022, Pemkot Probolinggo berupaya untuk memberikan penghargaan bagi seluruh ketua RT, RW dan ketua LPM kelurahan se Kota Probolinggo. Untuk penyerahan reward di Kecamatan Wonoasih sendiri total ada sebanyak 229 penghargaan. Sedangkan di Kecamatan Kedopok, diserahkan pada 194 Ketua RT, RW dan LPM.

“Jumlahnya ratusan, kami serahkan secara simbolis. Selebihnya kami serahkan pada masing-masing kelurahan. Ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap seluruh tenaga dan pikiran yang diberikan mereka untuk kemajuan wilayah. Nominalnya sama, Rp 150 ribu,” ujar Kabag Kesejahteraan Rakyat Agus Dwi Wantoro dalam laporannya.

Agus menambahkan, prestasi yang telah diraih ini, jangan berhenti sampai disini. “Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat. Sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang harmonis dalam mewujudkan Kota Probolinggo yang sejahtera, baik dari sisi materil maupun spiritual,” katanya. Selanjutnya pembagian penghargaan untuk tiga kecamatan lain akan diberikan dalam waktu berbeda. (es/fa)

BAGIKAN