Sabet Double Winner, Kado Rasya untuk Hadipro 2022

2022

TASIKMALAYA - Peringatan Hadipro ke-663 tahun 2022, Kota Probolinggo mendapatkan kado istimewa dari salah satu warganya. Kali ini datang dari arena balap motor. Adalah Hafizd Fahril Rasyadan atau Rasya, yang meraih double winner dalam kompetisi FIM MiniGP Indonesia Series tahun 2022 Round Kedua yang berlangsung Minggu (4/9), di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Disampaikan melalui telepon, ayah dari Rasya, Imron Hamzah menceritakan bahwa keberhasilan Rasya di seri kedua ini sudah dipersiapkan secara matang oleh tim. "Rasya memang sudah kami persiapkan untuk menghadapi seri yang kedua ini. Jadi Rasya tadi saya sarankan tetap fokus saja dan sabar, begitu," katanya.

Dan terbukti, dari dua race (balapan) di seri kedua ini, Rasya berhasil finish tercepat dari 14 pembalap lainnya. Dirinya berhasil mengumpulkan nilai sempurna yakni 50 poin. Serta memuncaki klaseman dengan total raihan 95 poin.

Rasya adalah pembalap muda Kota Probolinggo yang berusia 14 tahun. Tercatat sebagai siswa kelas 9 di SMP Negeri 10 Kota Probolinggo. Sejak setahun terakhir berlatih di bawah naungan Mons 54 Private Yogyakarta Racing School. Saat ini dirinya mengikuti kompetisi FIM MiniGP Indonesia Series 2022 yang menjadi bagian dari MiniGP World Series.

Menurut Imron, Rasya mengenal dunia balap motor dari pamannya sejak usia 8 tahun. Pencapaian Rasya hingga sekarang tidak lepas dari dukungan orang tua dan keluarga. Ditengah kesibukan Rasya menjalani kompetisi, Imron harus lebih jeli mengatur jadwal, antara latihan balapan dengan belajar di sekolah.

Kedepan, Imron berharap ada perhatian dari Pemerintah Kota Probolinggo untuk mendukung sarana prasarana latihan atlet balapan. "Mohon ada perhatiannya dari pemerintah kota, terus dari KONI yang menaungi, mewadahi," harap Imron.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyambut kado persembahan pembalap kebangaan Kota Probolinggo itu. “Terima kasih untuk Rasya atas prestasinya membawa nama harum Kota Probolinggo di kancah nasional di bidang olahraga balap motor. Tepat di hari jadi kota ya. Mudah-mudahan prestasinya lebih gemilang dan sukses selalu,” tuturnya.

Menanggapi tentang apa yang menjadi harapan Rasya dan orangtuanya, mewakili pebalap di kota, Habib Hadi menyampaikan jika pembangunan perlintasan untuk road race sedang berproses. “Mohon doanya agar proses tender hingga pembangunan dapat terselesaikan sesuai harapan kita bersama,” imbuh wali kota.  

MiniGP Indonesia Series

Kompetisi MiniGP ini dibesut oleh Dorna Sport. Selain di Indonesia juga dilaksanakan di berbagai negara antara lain Malaysia, Jepang, Qatar, Italia, Spanyol dan Amerika Utara. Tujuannya untuk menjaring pembalap muda berbakat usia 10 hingga 14 tahun dari seluruh dunia untuk bisa melanjutkan karir sebagai pembalap MotoGP.

Sementara, FIM MiniGP Indonesia Series Tahun 2022 digelar dalam 6 round (seri), dengan masing-masing 2 race (balapan) per serinya. Di akhir kompetisi, 2 pembalap terbaik akan mengikuti babak final. Bertarung dengan wakil dari setiap negara penyelenggara MiniGP di Valencia, Spanyol pada bulan November mendatang. Bersamaan dengan balapan penutup MotoGP 2022.

Selain kompetisi MiniGP Indonesia Series Tahun 2022, terdekat di bulan Oktober, Rasya juga akan mengikuti Asia Talent Cup di Malaysia. Remaja yang bercita-cita menjadi pembalap profesional itu menjadi salah satu peserta dari 17 pembalap dari Indonesia dan 83 pembalap dari 15 negara lainnya. (dp/fa)

BAGIKAN