Sakral dan Khidmat, Kenang Jasa Pahlawan Kemerdekaan

2022

KANIGARAN - Agenda kedua rangkaian kegiatan peringatan Ulang Tahun ke 77 Republik Indonesia Tahun 2022, Pemerintah Kota Probolinggo gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk mengenang jasa para pahlawan,  Rabu (17/8), tepat tengah malam jam 00.00 di Taman Makam Pahlawan. Apel pun berlangsung secara khidmat dan sakral.

Bertindak sebagai pimpinan apel, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani membacakan teks renungan suci sebagai bentuk sumpah dan janji kesetiaan bersama para pejuang kemerdekaan. "Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami pula," terangnya.  

Dalam apel kehormatan dan renungan suci kali ini juga dinyalakan puluhan obor di seluruh kawasan taman makam pahlawan. Serta dilanjutkan dengan tabur bunga oleh jajaran anggota forkopimda.

Usai mengikuti apel, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin juga menyampaikan pesan tentang pentingnya memberikan penghormatan kepada para pahlawan atas jasa-jasanya meraih kemerdekaan. "Kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan karena beliau-beliaulah yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini, atas jasa dan pengorbanan beliau, harus kita kenang, kita juga harus menghargai perjuangan-perjuangan yang ada, itu harus kita tanamkan dalam hati kita," pesan wali kota.

Tidak berhenti hingga meraih kemerdekaan saja, salah seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia Cabang Kota Probolinggo Djuhari juga mengingatkan untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. "Perjuangan kita jelas berbeda dengan perjuangan mereka, untuk perjuangan kita sekarang ini, jelas untuk mengisi kemerdekaan yaitu dengan kegiatan kegiatan yang berguna pada masyarakat dan lingkungan sekitar," kata Djuhari. 

Hadir dalam agenda semalam, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Kajari Hartono, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati dan perwakilan dari forkopimda. Serta diikuti oleh ratusan peserta dari pejuang veteran kemerdekaan, kepala perangkat daerah, TNI, Polri, ASN dan satuan linmas. (dp/fa)

BAGIKAN