Satu Medali Perak dari Cabor Renang Lomba 200 Meter Gaya Dada

2022

JEMBER - Hari ke empat agenda Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  Jawa Timur VII Tahun 2022, kontingen Kota Probolinggo kembali menyumbang 1 medali perak, kali ini datang dari cabang olahraga renang. Adalah M. Aras Hidayah, meraih podium ke 2 pada kategori lomba renang 200 meter gaya dada. Catatan waktu terbaik dari atlet kelahiran 2006 ini adalah 2:30,70 detik, selisih 1 detik dengan peraih juara pertama.

Informasi tersebut disampaikan oleh pelatih renang Kota Probolinggo Edy Siswanto, Selasa (28/6) malam. Menurutnya nomor lomba yang diikuti oleh M. Aras terhitung berat, pasalnya pesaing yang dihadapi terpaut beda umur yang cukup signifikan. "Kebetulan lawannya agak berat karena selisih usia 5 tahun, murid saya itu kelahiran 2006 sedangkan lawan kelahiran 2001 tapi dengan semangat bisa membuat anak didik kita yang dari Probolinggo bisa mengejar meskipun beda usia," terang Edy melalui sambungan telepon.

Diakui oleh Edy, atlet binaannya belum mampu menciptakan best time, namun menurut hasil perhitungan M. Aras masuk dalam kualifikasi final yang telah digelar pada pukul 15.00 di kolam renang Kebon Agung Jember. Kota Probolinggo hanya menurunkan 2 atlet renang. Pertama, M. Aras pada kategori 200 meter dan 100 meter gaya dada.

Atlet Kedua adalah Wahyu Ramadhani yang bertanding pada kategori 400 meter gaya ganti dan 200 meter gaya kupu-kupu. Keikutsertaan pada dua kategori tersebut terkait peraturan pembatasan dari panitia Porprov. "Karena mereka dibatasi cuma dua nomor lomba," sambung pelatih Edy.

M.Aras sendiri masih harus mempersiapkan perlombaan di kategori 100 meter gaya dada yang akan dilaksanakan pada Rabu (29/6). Edy berharap, atlet didiknya bisa meraih yang terbaik. "Yang penting tujuan kita dulu dari penyisihan itu masuk final dulu, nanti setelah final biar hasil dari anaknya sendiri," harapnya

Sementara itu, terhitung Selasa (28/6) Kota Probolinggo meraih 2 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu pada Porprov Jatim VII 2022. Dua medali emas dari cabor catur oleh Nurul Huda pada kategori lomba Perorangan Putra serta cabor bridge pada kategori beregu putri dengan atlet Laily Ratu, Dwi Kurnia, Nurul Lathiifa, Anissa Ayu P ( kapt) , Chelsea Aurelia O dan Cantika Cahyaning Tsalitsa Risqi Salsabila.

Untuk 1 medali perak diraih cabor renang oleh M. Aras Hidayah pada nomor lomba 200 meter gaya dada. Berikutnya 5 medali perunggu diraih oleh cabor Petanque oleh Nur Ali Huzein, Muhammad Kosyim dan Achmad Ghazi Al Ghifari pada nomor lomba  Match Result Triple Men. Kedua dari cabor Petanque oleh Nur Ali Huzein, kategori Match Result Single Men.

Berikutnya cabor Anggar oleh Dwi Febby Febrianty, Mutiara Hatia Rahmania pada nomor lomba Individual Sabel Putri. Keempat cabor anggar oleh Mutiara Hatia Rahmania juga pada nomor lomba Individual Sabel Putri dan kelima cabor Panjat Tebing oleh Cinta Dwi Maharani, Dean Alivy Al Maqvira dan Renata Sekar Maharani pada nomor kategori Lead Beregu Putri.

Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur ini dilaksanakan sejak tanggal 25 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang. Lokasi pelaksanaan di empat daerah yaitu Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso. (dp/fa)

BAGIKAN