Semarak HadiPro 2022 Hadirkan Horseback Archery

2022

WONOASIH - Minggu (11/9), Pemkot Probolinggo bersama Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Probolinggo, Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) dengan dukungan KONI setempat mengadakan Horseback Archery Wali Kota Cup 2022, dalam menyemarakkan HadiPro 2022. Acara tersebut mengambil lokasi di Lapangan Sapi Brujul yang terletak di Kelurahan Jrebeng Kidul, Wonoasih.

Meski baru pertama diadakan, kejuaraan berkuda-memanah tersebut diikuti 23 orang dari beberapa kota seperti Kabupaten Jember, Kota dan Kabupaten Malang, Kota Surabaya,  Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pasuruan.

Terdapat dua jenis kategori lomba yang diadakan yaitu Bayuangga Style dan Double Shoot. Untuk Bayuangga Style merupakan gaya bebas dalam memanah dari atas kuda dan kategori Double Shoot diikuti sebanyak 14 orang, termasuk anak-anak. "Ini juga merupakan tujuan penyelenggaraan kejuaraan ini, yaitu mencari bibit unggul, karena peserta anak-anak merupakan putra asli daerah Kota Probolinggo," jelas Setyorini Sayekti, Ketua Perwosi Kota Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang hadir dalam kejuaraan tersebut, mengungkapkan bahwa dirinya menyambut baik dengan event tersebut, "Ini sebagai langkah yang harus kita kembangkan ke depan yakni memunculkan potensi-potensi yang ada sehingga bisa dikembangkan seluruh cabor-cabor di Kota Probolinggo," terangnya.

Orang nomor satu di Kota Probolinggo itu juga mengatakan bahwa olahraga berkuda tengah populer. "Olahraga berkuda bukan sekadar olahraga, tapi juga terdapat uji ketangkasan, kecakapan, dan juga memacu adrenalin. Semoga dengan adanya ini, pihak penyelenggara yaitu Perwosi yang bekerja sama dengan Pordasi tetap sukses meningkatkan minat masyarakat dalam berkuda," harap Habib Hadi.

Dalam seremonial pembukaan kejuaraan tersebut juga disuguhkan kirab kuda membawakan 4 Panji yaitu Pemerintah Kota Probolinggo, Perwosi, KONI, dan Pordasi yang artinya akan selalu berkolaborasi. Serta ditampilkan atraksi kategori Jamarke dan Diponegoro Style yang diperagakan oleh atlet berkuda ketika memenangi eksebisi saat Porprov Jatim di Bondowoso beberapa bulan lalu. 

Pemenang kategori Double Shoot putra diraih Omar El-Faruq Putra Ale dari Malang, M. Sofyan dari Magetan dan Daniel Azmi Muhammad dari Malang. Untuk Double shoot putri dimenangi Syabila Ramadani dari Banyuwangi, Sinta Ayu Diyah Putri dari Jember dan Frieda Syakira Wahyu Diana dari Kota Probolinggo. 

Sedangkan di kategori Bayuangga style ada Febrian Dwi Fernando dari Kota Probolinggo, Daniel Azmi Muhammad dari Malang dan Omar El-Faruq Putra Ale dari Malang. (sit/fa) 

BAGIKAN