Sosialisasikan Kampanye We Love Cities, Bappeda Mulai Identifikasi Kegiatan

2022

KANIGARAN - Selasa (12/7), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo gelar sosialisasi Kampanye We Love Cities (WLC) bagi perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo secara daring. 

Sosialisasi yang disampaikan oleh Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan, Ari Puspita bertujuan untuk menyampaikan kampanye We Love Cities kepada ASN/Non ASN sekaligus mengidentifikasi kegiatan-kegiatan di perangkat daerah yang dapat mendukung kampanye We Love Cities. 

Menurut Ari, sebagai salah satu finalis bersama dengan 72 kota di seluruh dunia, Pemerintah Kota Probolinggo diminta untuk berpartisipasi dalam kampanye terbuka tentang We Love Cities. “Nah karena Kota Probolinggo kemarin sebagai finalis OPCC (One Planet City Challenge), maka langkah selanjutnya adalah berpartisipasi kampanye We Love Cities yang diikuti oleh 72 kota dari 31 negara,” terang Ari di depan puluhan peserta sosialisasi. 

Periode kampanye We Love Cities yang dimaksud, akan berlangsung selama 6 minggu, mulai dari tanggal 19 September hingga 31 Oktober mendatang. Pada rentang waktu tersebut, Ari meminta kepada seluruh ASN dan Non ASN untuk bekerja sama mendukung Kota Probolinggo agar berhasil meraih predikat The Most Lovable Sustainable City. 

Caranya dengan melakukan vote pada laman www.welovecities.org serta aktif pada sosial media dengan memberi tagar unik #WeLoveProbolinggo dan #WeLoveCities. “Kita harus melakukan vote di dalam websitenya We Love Cities selain itu juga dengan kita banyak-banyakan memposting kegiatan kita jadi kita beri tagar  #WeLoveProbolinggo dan #WeLoveCities,” ujarnya. 

Untuk persiapan sebelum masa kampanye dimulai, Sub Koordinator Pengembangan Wilayah dan Lingkungan Hidup Bappeda Litbang Hermaliana menerangkan akan menyusun strategi promosi ke masyarakat Kota Probolinggo. 

“Untuk penggunaan hashtag #WeLoveProbolinggo dan #WeLoveCities nanti, ketika tanggal 19 (September) sampai tanggal 31 (Oktober) warga sudah siap, semua sudah siap, jadi sudah terbiasa untuk upload aktivitasnya, posting-posting kegiatannya itu dengan menggunakan hastag itu. Kedua, kami mempersiapkan bahan-bahan terutama untuk tutorial, kemudian draft banner, draft kampanye,” jelas Hermaliana.

Masih di agenda yang sama, diharapkan usai agenda ini, setiap perangkat daerah dapat mendukung kegiatan kampanye WLC dengan memasang banner / spanduk We Love Probolinggo di setiap kantor Pemerintah Kota Probolinggo, menambahkan logo We Love Probolinggo pada setiap banner kegiatan serta mengupload kegiatan tersebut di media sosial  dengan tagar #WeLoveProbolinggo  #WeLoveCities .

Salah seorang peserta sosialisasi dari Kelurahan Jrebeng Lor, Resty Mayang Dwijayanti mengaku siap untuk berkolaborasi mendukung Kota Probolinggo dalam kampanye We Love Cities. “Siap mendukung dalam kegiatan yang ada di kelurahan, saya masih koordinasi lagi, kemarin dari Pokmas Pokdarwis tanggal 3 atau 4 itu mau mengadakan jalan santai, rencana mungkin nanti di situ saya mau gencar menginformasikan We Love Cities,“ terang kasi Pemerintahan di Kelurahan Jrebeng Lor itu. (dp/fa)

BAGIKAN