Tanamkan Gerakan Pramuka pada Anak Didik untuk Mengabdi Tanpa Batas

2022

PROBOLINGGO – Peringatan Hari Pramuka ke 61 di Kota Probolinggo juga digelar bakti sosial melibatkan anak didik di lembaga pendidikan. Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo Budi Krisyanto mendatangi SD Negeri Sukabumi 2 dan SMP Negeri 3, usai mengikuti upacara dan tasyakuran, Selasa (30/8).

Ya, dalam memperingati Hari Pramuka, siswa-siswi di SD Negeri Sukabumi 2 mengenakan seragam pramuka. Dan, mengawali kegiatan di sekolah dengan upacara. Saat tiba di sekolah yang terletak di Jalan Dr Saleh itu, nampak anak-anak sedang sibuk membersihkan lingkungan sekolah. Mereka membersihkan taman di depan sekolah, lapangan, ruang kelas dan taman-taman di sekitar sekolah.  

Kakak Budi menyempatkan ngobrol dengan siswa-siswi di SD Sukabumi 2.“Adik-adik sudah sangat merasakan bedanya kondisi yang bersih dan yang kotor ya? Jadi harus semangat bersih, semangat menjaga. Semoga SD Negeri Sukabumi 2 tetap menjadi panutan dan teladan dalam hal kebersihan,” ujar mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup itu.

 Usai baksos di SD Negeri Sukabumi 2, Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang bergeser ke SMP Negeri 3 di Jalan Hayam Wuruk. Disana, semua siswa sedang sibuk menyapu lapangan dan mengangkat sampah ke truk milik DLH setempat. Disitu, Kakak Budi kembali mengedukasi siswa-siswi untuk lebih memahami peran Pramuka.  

Di Hari Pramuka ke 61, kata Kakak Budi, jelas temanya “Mengabdi Tanpa Batas untuk Mewujudkan Ketangguhan Bangsa”, maka aktivitas dirancang menunjukan suatu peningkatan rasa pengabdian. Pengabdian pramuka pada masyarakat salah satunya melalui baksos.

“Bagaimana anak didik ini mulai dini dipupuk rasa mengabdi tanpa batas. Melalui belajar sungguh-sungguh, peduli lingkungan dan semangat membersihkan. Sekaligus kita tingkatkan Gerakan Pramuka untuk menunjukkan kecintaan Gerakan Pramuka untuk kotanya. We love probolinggo harus selalu kita gerakan,” pungkas mantan ASN yang punya jiwa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan ini. (fa)

BAGIKAN