Tandatangani Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di Gebyar Hari Anak Nasional

2022

MAYANGAN - Gebyar Hari Anak Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (HAN PAUD) Kota Probolinggo Tahun 2022 yang digelar pada hari Jumat (12/8) pagi di alun alun setempat berlangsung sangat meriah. Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersama Bunda PAUD Aminah Hadi Zainal Abidin hadir dan berbaur dengan ribuan murid TK se-kota untuk mengikuti senam masal bersama. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 sekaligus Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Kota Probolinggo.

Pelaksana acara dari Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Probolinggo Supiyah menyampaikan tema kegiatan tahun ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Kota Probolinggo Hebat dan Handal". Tak lupa, dirinya juga memimpin pekikan penyemangat untuk murid TK, guru dan orang tua pendamping. "Anak PAUD Kota Probolinggo sehat ceria, Wali Kota Probolinggo Hebat dan Handal, Bunda PAUD Kota Probolinggo ok, sehat dan bahagia," ucap Supiyah dengan lantang.

Membuka acara, Wali Kota Probolinggo menyampaikan rasa syukur atas dilaksanakannya kembali kegiatan gebyar Hari Anak Nasional yang sempat berhenti karena pandemi Covid 19. "Alhamdulillah di tahun ini bisa kita selenggarakan, yang mana dua tahun kemarin bangsa kita bahkan seluruh dunia mendapatkan ujian besar dengan adanya pandemi Covid 19, sehingga kita tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Wali Kota Habib Hadi.

Dirinya juga menitipkan pesan kepada orang tua dan guru tingkat PAUD agar memprioritaskan pendidikan anak-anak di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini. "Saya berpesan kepada ibu -ibu senyampang hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini, tentunya perkembangan zaman ini jangan sampai kita menyepelekan pendidikan anak kita," pesan Habib Hadi.

Sementara itu, seusai senam bersama, Bunda PAUD Kota Probolinggo mengungkapkan kekagumannya kepada anak anak TK yang telah berpartisipasi dalam gebyar HAN ini. "Luar biasa sekali, mereka memang anak anak yang hebat, apalagi tadi ditanya juga, cita-cita mereka macem macem, luar biasa," kata Bunda Aminah.

Di kesempatan yang sama, diserahkan pula piala bagi para pemenang lomba-lomba peringatan HAN tahun 2022. Diantaranya lomba menendang bola ke gawang, lomba bersyair, lomba membuat dan membaca cerita, lomba jalan robot, lomba program unggulan, lomba senam, lomba berbalas pantun, lomba kolase bahan alam, lomba menyanyi tunggal serta lomba mengurutkan angka.

Salah satu penerima piala, Azka dari TK Ananda II, mengaku sangat senang atas raihan juaranya. "Lomba main bola, juara 1, seneng," kata siswa kelompok B yang meraih juara I kategori lomba menendang bola ke gawang itu.

Hadir juga di lokasi acara Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Agus Soegyantono, kepala perangkat daerah terkait serta Bunda PAUD se-kecamatan Kota Probolinggo.

Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak

Selain kegiatan senam massal bersama juga dilaksanakan penandatangan Deklarasi Satuan Pendidikan Ramah Anak Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Kota Probolinggo. Deklarasi ini ditandatangani bersama antara Ketua Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kota Probolinggo Ciplis Tri Handayani, Kota IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) Kota Probolinggo Supiyah, Ketua IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kota Probolinggo Siti Rahma, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Wawan Soegyantono dan Bunda PAUD Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin yang disaksikan oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Deklarasi ini merupakan komitmen menuju Kota Probolinggo Layak Anak untuk mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan terjaminnya kepastian kualitas proses pembelajaran dan kualitas pengelolaan satuan pendidikan yang ramah anak serta memfasilitasi anak berkembang dengan baik menuju PAUD berkualitas.

Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan rasa bangganya karena Kota Probolinggo menjadi bagian dari 8 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang berhasil meraih penghargaan KLA (Kota Layak Anak) tingkat Utama di tahun 2022. "Di Indonesia ada 8 daerah yang masuk dalam kategori utama, perlu saya sampaikan dalam forum yang berbahagia ini, yang pertama Kota Yogyakarta, ada Kota Surakarta, Kota Sleman, Kota Surabaya, Kota Jakarta Timur, Kota Denpasar, Kota Probolinggo dan Kabupaten Siak," beber wali kota.

Menurut wali kota, capaian besar ini adalah wujud dari hasil kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Kota Probolinggo. "Keberhasilan ini bukan semata-mata dari pemerintah tapi berkat kekompakan dan kebersamaan semuanya yang terlibat demi keberhasilan ini semuanya, jadi saya ucapkan terima kasih," kata Habib Hadi. (dp/alf)

BAGIKAN