Terima Hibah Mobil Damkar Pemprov DKI Jakarta, Respon Time Pemadaman Bisa Lebih Cepat

2022

JAKARTA – Pemerintah Kota Probolinggo menerima hibah Kendaraan Dinas Operasional (KDO) Pemadam Kebakaran di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/10). Kerja sama dalam rangka memperkuat kolaborasi antar daerah itu ditandai dengan penandatanganan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin di Balai Kota DKI Jakarta. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun menjelaskan bahwa kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik ini memiliki ruang lingkup teknologi dan informasi, ketahanan pangan, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan BUMD.

"Jadi kami ingin mengucapkan terima kasih kepada kehadiran Bapak/Ibu kolega Gubernur, Bupati/Wali kota yang hadir. Pada siang hari ini ada dua (agenda), penandatanganan kerja sama dan juga penyerahan hibah mobil pemadam atau truk pemadam kebakaran. Kerja sama ini harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi kami di Jakarta dan juga bagi warga di kabupaten/kota, provinsi di mana kerja sama itu kita lakukan," ujar Gubernur Anies.

Kota Probolinggo mendapatkan hibah 1 unit damkar dalam kondisi baik berkapasitas 4000 liter. Ada 14 kota/kabupaten yang mendapat hibah. Selain Kota Probolinggo ada Kota Banjarmasin; Kota Pariaman; Kota Palopo; Kabupaten Brebes; Kabupaten Bengkulu Tengah; Kabupaten Empat Lawang; Kabupaten Kuningan; Kabupaten Alor; Kabupaten Ogan Komering Ilir; Kabupaten Sigi; Kabupaten Rotendao; Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Satpol PP Aman Suryaman menjelaskan, penerimaan hibah itu dimulai dari adanya kebutuhan sarana unit damkar untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Probolinggo. Informasi hibah tersebut diketahui tahun lalu, bahwa Pemprov DKI memberikan hibah mobil damkar second kepada daerah-daerah yang membutuhkan.

“Waktu itu (tahun lalu) Kota Probolinggo memiliki 3 unit mobil damkar dengan kondisi yang sudah cukup lama, sehingga Pemerintah Kota berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan diminta untukmembuat proposal. Pproposal kami buat Oktober 2021, pada selanjutnya dievaluasi oleh tim dari Pemprov DKI Jakarta. Dan, alhamdulillah di Oktober tahun 2022 ini hibah mobil damkar sebanyak 1 unit itu bisa terealisasi,” kata Aman.

Setelah proses penyerahan oleh Gubernur DKI Jakarta, mobil hibah harus diambil oleh pihak penerima setelah semua proses selesai. “Selanjutnya mobil akan dicek fisik untuk kesiapan dari Jakarta menuju Probolinggo,” imbuh Aman.

Dengan adanya hibah mobil damkar tersebut, diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan masyarakat khususnya di bidang pemadaman kebakaran. Menurut Aman, yang paling utama adalah ketersediaan sarana dan prasarana dalam hal ini unit mobil damkar di Kota Probolinggo. “Hibah ini melengkapi atau menambah armada dari yang ada sekarang. Sehingga respon time penanganan pemadaman bisa lebih cepat,” tegas mantan Kepala Diskominfo itu. (fa)

BAGIKAN