Tiga Tahun Pimpin Kota Probolinggo, Habib Hadi Ajak Komitmen Bersama Masyarakat

2022

PROBOLINGGO- Malam refleksi tiga tahun kepemimpinan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, berlangsung Minggu (30/1/2022) malam di Ball Room Bromo Park Hotel, kota setempat.

Acara yang dihadiri para pejabat di lingkungan pemkot, Forkopimda, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan lintas sektoral, pimpinan pondok pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga pimpinan redaksi media itu berlangsung meriah.

Dekorasi artistik dan lighting panggung mewah, menambah kesan semarak acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan itu. Semarak acara juga dapat dinikmati warga secara virtual melalui akun resmi Pemkot Probolinggo.

Saat Wali Kota Habib Hadi memasuki Ball Room bersama istri tercinta sekaligus Ketua TP PKK Aminah Hadi, Balasyik Az-Zafir menyambutnya dengan memainkan hadrah. Suguhan Tari Selamat Datang Lengger Linggo dari Tari Panji Laras ikut menjadi pembuka acara.

Dilanjutkan dengan pemberian santunan pada 10 orang anak yatim piatu, bekerja sama dengan Baznas setempat, juga pemberian santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan di Kota Probolinggo.

Selanjutnya, performa gadis belia asli Kota Probolinggo, Vanessa Jazzy. Juara tingkat nasional dan internasional bergabung dengan orkestra bersama Erwin Gutawa dan Kick Andy Show. 

Malam itu, Vanessa Jazzy menyanyikan lagu “Meraih Bintang,” sambil memainkan biolanya.

Ya, malam refleksi kepemimpinan Habib Hadi merupakan giat pertanggung jawaban atas kinerjanya pada masyarakat luas. Sejumlah penghargaan telah berhasil diraih Pemkot Probolinggo atas capaiannya, bekerja sama dengan instansi yang membidangi.

“Refleksi ini pada hakikatnya adalah ungkapan rasa syukur atas berkat rahmat Allah SWT sampai dengan saat ini kita masih diberikan kesehatan dan mampu berkarya untuk Kota Probolinggo. Sekaligus sebagai momen evaluasi untuk melangkah lebih baik lagi di tahun berikutnya,” sapa Habib Hadi saat membuka acara.

Tema acara sesuai dengan visi Kota Probolinggo 2019-2024: Membangun Bersama Rakyat untuk Kota Probolinggo yang Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman dan Berkelanjutan.

Visi ini menjadi acuan pembangunan kota berpenduduk 239,64 jiwa ini, bersama dengan misi yang dibuat di bawah kepemimpinan Habib Hadi.

Yakni, pembangunan ekonomi yang berdaya saing berbasis sektor potensial; sumber daya manusia dan kesejahteraan sosial yang berkualitas; infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik.

Di bawah komando Habib Hadi, Kota Probolinggo telah banyak memberikan warna. Melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi, pendidikan gratis, hingga ambulan gratis bagi masyarakat.

Hal ini terbukti dengan dukungan seluruh kepala daerah dan pihak terkait, membersamai langkah Habib Hadi untuk mewujudkan Kota Probolinggo semakin hebat dan handal.

Di ujung sambutannya, mantan anggota DPR-RI ini mengimbau masyarakat untuk giat vaksinasi dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab pandemi Covid 19 belum berakhir.

“Capaian vaksin Covid-19 di Kota Probolinggo secara keseluruhan sudah mencapai 86 persen dan harus ditingkatkan lagi terutama untuk kelompok rentan lansia,” ucap pria yang juga pengasuh Ponpes Riyadlus Sholihin ini.

Saat ini pun sedang dilaksanakan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun melalui sekolah. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih pada jajaran TNI/Polri yang turun menyukseskan kegiatan vaksinasi.

Tak mau ketinggalan, para kepala OPD ikut memparadekan piagam penghargaan. Dilanjutkan pembacaan ikrar komitmen dukungan kepala perangkat daerah kepada Wali Kota Probolinggo, dipimpin oleh Sekda drg. Ninik Ira Wibawati.

Refleksi tiga tahun kepemimpinan bukan milik pribadi wali kota dan jajarannya saja, melainkan masyarakat pun ikut merasakannya. Lomba video TikTok kategori pelajar, umum dan perangkat daerah diumumkan di penghujung acara.

Usai acara, kepada wartawan Habib mengungkapkan rasa syukurnya telah melakukan pembangunan untuk Kota Probolinggo dan berusaha selalu mengedepankan kemaslahatan masyarakatnya.

“Alhamdulillah hari ini, kita di dalam kegiatan refleksi ketiga di masa kepemimpinan. Saya menyampaikan pada publik secara luas, sehingga tahu apa yang sudah menjadi capaian kita selama satu tahun terakhir,” terangnya.

Menurutnya, ia dan jajarannya berkomitmen untuk menyampaikan informasi secara transparan kepada masyarakat Kota Probolinggo. “Sehingga setiap tahun di masa kepemimpinan saya, ada kegiatan refleksi ini,” katanya.

Pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu, saling menguatkan. “Karena apa yang pemerintah lakukan ini hanya semata-mata untuk kemaslahatan warga Kota Probolinggo khususnya,” bebernya.

Ia pun menegaskan akan mempertahankan dan meningkatkan capaian kinerjanya untuk menjadi lebih baik lagi. “Kita tidak boleh terlena tapi kita harus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada,” tutupnya.

Sosok Habib Hadi di Mata Istri dan Jajarannya

Dalam mengabdi untuk Kota Probolinggo dalam tiga tahun terakhir, Habib Hadi didampingi istri, Aminah Hadi dan jajarannya di Pemkot Probolinggo.

“Bismillah dan Insyaallah, dua kata yang saya ucapkan saat suami saya resmi dilantik sebagai Wali Kota Probolinggo tiga tahun yang lalu. Karena bagaimana pun juga sebagai seorang istri, saya harus selalu mendampingi suami dari segala penjuru dalam mengemban tanggung jawab,” kata Aminah Hadi dalam video yang diputar di malam refleksi.

Menurutnya, semangat suaminya dalam membangun Kota Probolinggo sangat luar biasa. “Sangat totalitas. Mulai dari disiplin dalam berangkat kerja, on time jam tujuh (pagi) itu sudah siap. Tapi, jam pulangnya tidak pernah sesuai jam kerja. Ya, begitulah. Tapi kalau jam kerjanya bisa 24 jam,” ujarnya diikuti tepuk tangan para tamu undangan.

Suatu saat, Habib Hadi baru pulang dinas dari luar kota. Tiba-tiba, ada kabar kebakaran, di suatu tempat di Kota Probolinggo. “Baru masuk rumah, lalu ganti baju, lalu pamit lagi berangkat ke lokasi kebakaran,” katanya memberi gambaran.

Saking semanganya, Habib Hadi disebut sering lupa makan. “Saya paling bawel kalau urusan makan… Jadi setiap jam makan siang, saat saya mau makan bareng anak-anak di rumah, saya selalu video call sama Habib,” sebutnya.

“Ya, saya ingatkan untuk makan, ya sampai sekarang ya begitu. Sesibuk-sibuknya, Habib selalu menyempatkan diri untuk video call. Alhamdulillah beliau masih bisa membahagiakan keluarga, walaupun dengan cara sederhana. Tapi tentunya sangat bermakna bagi kami,” tambahnya.

Meski demikian, Habib tetap menyempatkan waktu untuk keluarga. Seperti bermain bareng sama anak-anak, bisa badminton, pingpong atau bahkan karambol.

“Atau kalau ada waktu senggang itu mungkin waktu libur, kadang-kadang kita masak bareng. Kadang-kadang saya melihatnya itu, kok enggak ada capeknya gitu loh kalau kerja. Apalagi dua tahun terakhir di masa pandemi itu sibuk luar biasa,” selorohnya.

Ia mengakui, mewujudkan mimpi itu tidak mudah. Selalu ada rintangan, ada cacian, keluhan dan juga sindiran. Terutama di medsos. “Tapi saya lihat, Habib itu santai-santai saja ngadepin semuanya. Kadang-kadang sayanya malahan yang emosi,” tawanya.

Di mata Aminah, Habib sosok yang tegas, fokus, total dan disiplin. Ia tak pernah neko-neko. “Saya sebagai istri hanya bisa terus memanjatkan doa, saya akan selalu mendukung di samping, di belakang dan juga tentunya dalam sujud dan doa kepada Allah SWT,” ujarnya.

“Semoga Allah SWT meridhoi langkah kakinya dimana pun berada. Diberi kemudahan, kelancaran, kekuatan dan hasil akhirnya insya Allah keberhasilan dalam segala hal apa pun yang beliau lakukan,” harapnya.

Walhasil, janji yang pernah diucapkan dulu, satu per satu telah diwujudkan sebagai rasa tanggung jawab terhadap kemajuan Kota Probolinggo.

“Saya yakin, Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha beliau, mengabulkan impian beliau, membangun Kota Probolinggo yang semakin luar biasa, hebat dan handal. Sukses terus buat Abu Hadi,” sambung Aminah sembari mengacungkan jempolnya.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Probolinggo dan warga Kota Probolinggo atas semua dukungan dan sumbangsihnya.

“Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan langkah kita semua. Amin yarobbal alamin,” pungkasnya.

Tampak keempat putra-putri Habib Hadi Zainal Abidin-Aminah Hadi, dengan bangga juga turut mendoakan sang ayahanda dengan selalu memanjatkan doa-doa terbaiknya.

“Ya untuk Abi, semangat terus. Kita di sini sebagai anak-anaknya, tidak pernah berhenti untuk berdoa yang terbaik buat Abi. Abi, We Love You,” kompak keempatnya.

Tak hanya istri dan anak-anaknya, sejumlah perangkat daerah pun turut menilai sosok Habib Hadi di mata jajarannya dalam satu kata.

Satu kata itu terucap seperti: excellent, amanah, berwibawa, istimewa, hebat, brilian, religius, sae, mubarak istiqomah, mantap, cerdas, berani, sukses, akuntabel, optimis, cermat, hebat, tegas, ciamik, responsif, keren, good, kepemimpinan yang sosial, konsisten, energic, tangguh, sae, luar biasa, saranghaeyo, teruskan dan lanjutkan. (dewi)

BAGIKAN