Tilik Tujuh Bayi, Aminah Hadi Ingatkan ASI Eksklusif-Imunisasi

2022

MAYANGAN - Di perayaan Hadipro ke-663, Pemerintah Kota Probolinggo kembali memberikan apresiasi kepada bayi yang lahir di tanggal 4 September kemarin. Senin (5/9) pagi Ketua Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin bersama dengan Ketua Bhayangkari Cabang Probolinggo Kota Erna Wadi Sa'bani dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIV/Kodim 0820 Probolinggo Yositika Arip Budi Cahyono, mengunjungi 7 bayi yang tanggal kelahirannya tepat di ulang tahun Kota Probolinggo.

Mengawali agenda, Aminah Hadi mengunjungi RSIA Amanah. Di rumah sakit ini, telah lahir bayi bernama Arkadia Athakeno Faeysa, anak dari pasangan Rio Marganing Akbar dan Niken Nurrahma Saraswati. Selanjutnya di RSIA Muhammadiyah mengunjungi bayi bernama Syakila Noura Adzkiya, putri dari Mochammad Faisol dan Sofiyatun. Berikutnya, bayi bernama Sabrina Putri Sanjaya, anak dari Sony Ardiansyah dan Evi Ramadhani di kawasan Sunan Kalijogo, Jati.

Bayi keempat adalah Muhammad Ganindra Rayyan Auriga, putra dari Ruli Hermanto dan Nur Halima yang masih berada di Praktek Mandiri Bidan (PMB) Halima, Gang Pelita, Sukoharjo. Kemudian menuju ke PMB Ane di kawasan Sumbertaman untuk mengunjungi Kayla Sherly Sifabela, anak dari Ageng Bahtiar dan Bela Safitri. Setelah itu rombongan menuju ke PMB Zahira di Jalan Cangkring, Kanigaran untuk mengunjungi Alana Ruby Banafsha dari orang tua Agusta Ardana Tomi Zakaria dan Ambarwati.

Terakhir, bayi ke tujuh adalah Ahmad Yudha Prawira, putra dari Ahmad Qusyairi dan Asmatiningsih yang berada di RSUD dr. Mohammad Saleh. Semula, bayi Ahmad dilahirkan di RSIA Muhammadiyah, namun karena lahir dalam kondisi prematur, dokter merujuknya ke RSUD setempat untuk mendapatkan perawatan intensif.

Hal tersebut disampaikan Plt. Direktur UOBK RSUD dr Mohamad Saleh dr. Abraar HS Kuddah saat mendampingi Aminah. “Prematur ya, sehingga dia jatuh ke dalam kondisi yang namanya BBLR, Bayi dengan Berat Lahir Rendah, kita observasi, kita berikan support bantuan nafas,” terang dr. Abraar. 

Masih di dalam ruang perawatan intensif, Aminah pun juga berdoa dan berharap agar bayi Ahmad lekas pulih dan sehat. “Semoga lekas sehat, semoga cepat normal kembali dan bisa berkumpul sama orang tuanya, insyaallah,” harapnya.

Ketujuh bayi yang beruntung tersebut, selain dikunjungi oleh Aminah dan istri anggota Forkopimda juga mendapatkan kado bingkisan perlengkapan bayi. Kado tersebut merupakan dukungan dari para pelaku usaha di Kota Probolinggo dalam rangka Hadipro ke 663. Diantaranya dari Graha Mulia, Karunia Damai Sejahtera dan Supermarket Sinar Terang. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga sekaligus menyerahkan 3 dokumen penting kepada orang tua bayi, yakni Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dengan data terbaru.

Di setiap kunjungannya, Aminah juga memberikan nasehat kepada masing-masing orang tua terkait pengasuhan bayi. “Pastinya kita harus tetap mengingatkan untuk ASI Eksklusif dan juga imunisasi kepada ibu-ibu balita karena sekarang ini banyak virus ya, jadi bagaimana caranya supaya imunisasi lengkap, supaya daya tahan tubuh bayinya itu bagus,” pesannya.

Di sela kunjungannya, Aminah Hadi didampingi oleh Ketua Dharma Wanita UOBK RSUD dr. Moh Saleh Cholidah Hanum berkeling meninjau fasilitas kesehatan di rumah sakit daerah tersebut, di antaranya ke Ruang Hemodialisis dan Ruang Donor Darah.

Turut mendampingi pada agenda tersebut diantaranya, Plt Kepala Dinkes P2KB dr.NH Hidayati, Kepala DKUPP Fitriawati, Kepala Dinsos PPPA Rey Suwigtyo, Kepala Dispendukcapil Sukam dan Camat Kanigaran Agus Riyanto. (dp/pin)

BAGIKAN