Ukir Sejarah, Kota Probolinggo Tembus Global Winner WLC

2022

KANIGARAN - Setelah diumumkan melalui sosial media resmi WWF 14 November dan melalui surat dari panitia We Love Cities (WLC) pada 18 November 2022, hari ini (17/12) Pemerintah Kota Probolinggo menerima penghargaan sebagai Global Winner We Love Cities.  Acara tersebut dikemas dalam apel di halaman kantor Wali Kota Probolinggo.

Seperti diketahui, Kota Probolinggo juga menjadi pemenang regional Asia Pasific, menyingkirkan pemenang regional Amerika, Jesus Maria, Peru dan pemenang regional Eropa, Afrika, dan Asia Barat, Gaziantep, Turkey. Ditambah, Kota Probolinggo menjadi Pemenang Global We Love Cities 2022. Itu berarti raihan poin dan skor interaksi warga Kota Probolinggo tertinggi dari 63 Kota dari 27 negara yang mengikuti kampanye persahabatan ini. Berdasar data yang dibagikan oleh WWF, Kota Probolinggo mendapat 820 ribu jumlah suara dukungan publik dan 80 ribu saran perbaikan dari warga untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Tartib Goenawan, Kepala Bappeda Kota Probolinggo mengatakan bahwa selama masa kampanye WLC sejak tanggal 19 Oktober sampai dengan 31 Oktober strategi kampanye yang dilakukan untuk memasifkan gerakan dukungan untuk Kota Probolinggo dilakukan dengan berbagai langkah seperti pelaksanaan sosialisasi ke seluruh pegawai ASN maupun Non-ASN, perusahaan swasta, perbankan, hotel, restoran, kafe, sekolah dan komunitas masyarakat.

Selain itu pembentukan pokja di masing-masing perangkat daerah juga dilakukan untuk memonitoring voting di setiap perangkat daerah itu sendiri. Ditambah dengan membentuk tim 100 yang berisi 300 orang yang merupakan perwakilan dari perangkat daerah untuk memasifkan interaksi di media sosial.

“Juga dibentuk tim multimedia yang bertanggung jawab untuk setiap postingan yang di upload setiap hari di akun facebook Pemerintah Kota Probolinggo dan Handal Edukasi, membuat tema kreatif upload kompakan untuk postingan pribadi di instagram dan twitter, serta menyiapkan bahan kampanye dan tutorial,” jelas Tartib dalam laporannya.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa giat tersebut akan menjadi kenangan sejarah bahwa berkat kekompakan dan komitmen seluruh perangkat maupun warga, Kota Probolinggo berhasil mendapatkan anugerah Global Winner We Love Cities tahun 2022.

Habib Hadi menceritakan pada awal dirinya mengetahui kalau Kota Probolinggo menjadi finalis dari kampanye ini begitu tidak disangka karena memiliki saingan seperti Jakarta dan Balikpapan. Juga begitu banyak dinamika dan tantangan dalam mengedukasi masyarakat untuk meminta dukungan.

“Diantara sikap pesimistif dan optimis, saya selalu katakan jangan berkecil hati, kita memang kecil, namun jiwa sosial masyarakatnya sangat tinggi jangan dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Saya memberikan semangat untuk menumbuhkan komitmen bersama, keberhasilan yang diraih bukan hanya di Asia namun di tingkat dunia,” ujar wali kota.

Orang nomor satu Kota Probolinggo itu juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan dari WWF Indonesia sudah hadir dalam penganugerahan tersebut. “Ini menjadi kebanggaan dan menjadi proses sejarah perjuangan yang mana kita terlibat saling bahu membahu menunjukkan kita semua mencintai Kota Probolinggo ini,” tutur Habib Hadi.

Head of Climate & Market Transformation WWF Indonesia, Joko Sarjito yang menyerahkan langsung penghargaan tersebut mengucapkan selamat atas prestasi pemenang regional dan global untuk Kota Probolinggo. “Tahun ini Kota Probolinggo bisa mengalahkan langganan juara yang biasanya disabet oleh Jakarta dan Balikpapan. WLC adalah kampanye global yang dibuat untuk melibatkan partisipasi publik di dalam medsos dengan maksud keterlibatan warga dalam mencintai kotanya, ini bukan hanya sekadar memberikan suara tetapi memberikan input masukan bagaimana kota ini lebih baik dan berkelanjutan,” jelas Joko yang hadir bersama timnya.

Apel pagi itu dihadiri sekitar kurang lebih 532 peserta yang terdiri seluruh kepala perangkat daerah, camat beserta lurah, tim 100 Kota Probolinggo, tim WLC Bappeda Litbang dan DLH, Satpol PP dan pelajar dari SMAN 1 dan MAN 2.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan dan pemberian hadiah pada pemenang lomba yang diadakan pada giat We Love Cities. Kategori penghargaan peran serta menyukseskan kampanye WLC diraih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Kedopok, Kecamatan Kademangan, dan Kecamatan Wonoasih.

Pemenang lomba poster We Love Cities diraih oleh Nico Christofer Agape dari SMPK Mater Dei sebagai juara favorit. Sedangkan pemenang kategori SMP/MTs/sekolah ialah Tiara Elita dari SMPIT Permata sebagai juara I, Juara II Nisrina dari SMPIT Permata, dan juara III  Canta Prajna dari SMP Negeri 9.

Pemenang kategori SMA/MA/sekolah setara SMA Juara 1 dari SMA Negeri 4 Seila Maylaili, juara II dari SMK Raudhatul Mutha’allimin Tanti Yasari, dan juara III diraih oleh Iftitah Aprilia dari SMAN 1.

Sedangkan lomba foto dengan tema Wujudkan Cintamu wujudkan Pro Handal (Probolinggo Hijau, Indah, dan Lestari) ialah juara I Frenky Dwi, juara II Aditya Dwi, juara III Achmad Sholeh, dan Harapan I diperoleh oleh Aji. (sit/fa)

BAGIKAN