Upacara Puncaki Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

2022

KANIGARAN - Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 62 digelar Jumat (22/7) pagi, di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo. Kepala Kejari Hartono bertindak selaku Inspektur Upacara. Tema tahun ini adalah Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi.

Membacakan amanat Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Kajari Hartono mengatakan bahwa peringatan Hari Bhakti Adhyaksa dilaksanakan sebagai momentum untuk evaluasi. "Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa merupakan momentum kita bersama untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah kita kerjakan selama ini," terang kajari.

Kajari Hartono juga mengajak seluruh korps Adhyaksa untuk berkomitmen membangun profesionalitas dan integritas. "Profesionalitas dan integritas yang saudara bangun akan menuntun saudara memperoleh hasil yang maksimal dan menutup celah kemungkinan terjadinya perbuatan tercela yang akan meruntuhkan marwah institusi," ungkapnya.

Masih dalam amanat Jaksa Agung, disebutkan juga 7 perintah harian sebagai pedoman dalam menjalankan tugas. Diantaranya tingkatkan kapabilitas, kapasitas dan integritas di dalam mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang; kedepankan hati nurani dalam setiap melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan; wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia; tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat; akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional; jaga netralitas aparat kejaksaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa; serta tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja kejaksaan.

Pada upacara tersebut juga diberikan Anugerah Satyalancana Karya Satya kepada 2 pegawai Kejari Kota Probolinggo. Yakni untuk Gigih Benah Rendra dan Ronal Sismila Bahtera. Pemberian anugerah tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 50/TK/Tahun 2022 tanggal 11 Juli 2022.

Sebelumnya, Kejari setempat telah menggelar berbagai acara dalam rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62. Antara lain bakti sosial santunan kepada panti asuhan, tukang becak dan keluarga purna Adhyaksa, pemberian beasiswa kepada putra putri keluarga Adhyaksa yang kurang mampu serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Tampak seluruh pegawai Kejari serta anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini hadir mengikuti upacara tersebut. (dp/fa)

BAGIKAN