Wali Kota Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong dengan Budidaya Ikan dan Hidroponik

2022

MAYANGAN - “Dengan keterbatasan lahan pertanian, mari kita memanfaatkan lahan kering, lahan yang sempit, lahan sekitar area rumah agar tidak ada yang sia-sia. Salah satunya, dengan budidaya ikan air tawar dan hidroponik." Demikian ungkapan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang didampingi Plt Camat Mayangan Abbas dan Lurah Wiroborang Firman, saat membuka acara pelatihan dan budidaya ikan air tawar dan hidroponik, Senin (22/8) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Kelurahan Wiroborang ini diikuti sejumlah 47 orang. Wali Kota Habib Hadi juga meminta para peserta agar serius mengikuti pelatihan ini. 

“Apabila ada yang kurang dimengerti, bisa ditanyakan ke narasumber. Jangan dianggap ini sekadar acara rutin dan seremonial. Jika telaten dan tekun akan berhasil. Tidak ada yang instan semua melalui proses, pekerjaan apapun itu,” tegasnya.

Harapan wali kota, bagi mereka yang sudah berhasil diminta membagikan ilmunya kepada warga yang lain. Selanjutnya diserahkan secara simbolis  bantuan paket tanaman hidroponik dan paket budidaya ikan air tawar.

Muawanah, warga RT 02 RW 04 merasa senang dan antusias mengikuti pelatihan  hidroponik. “Nanti mau tanam di pekarangan rumah, sehingga bisa dipakai buat  PMT saat posyandu dan bisa menghemat uang kas,” ujarnya. 

Ada dua narasumber mengisi kegiatan tersebut yaitu praktisi Hidroponik Dini, sedangkan budidaya ikan air tawar berasal dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan. (Yuli/fa)

BAGIKAN