Wali Kota Habib Hadi Resmi Kukuhkan Paskibra Merah Putih

2022

MAYANGAN - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih Kota Probolinggo tahun 2022 di Puri Manggala Bakti, Senin (15/8). Dihadapan 80 orang anggota paskibra, wali kota menyematkan tanda pangkat secara simbolis yang menandakan paskibra Kota Probolinggo siap mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih di tanggal 17 Agustus 2022 nanti.

“Atas nama pribadi, pemerintah kota dan masyarakat Kota Probolinggo, saya mengucapkan selamat kepada ananda semua, anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) merah putih Kota Probolinggo tahun 2022 yang baru saja dikukuhkan,” tuturnya.

Habib Hadi menginginkan agar momentum kemerdekaan ini tidak hanya berhenti saat bertugas saja, tetapi juga mampu menanamkan dalam diri jiwa nasionalisme, patriotisme dan kepeloporan yang telah dibentuk selama mengikuti pelatihan menjadi anggota paskibra. “Karena anda yang terpilih, tentunya momentum ini kita harus bisa tunjukkan bahwa generasi muda sekarang mampu untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan negara serta kedaulatan yang harus dijaga. Tidak boleh terpecah belah oleh apapun,” tandasnya.

Lebih lanjut wali kota menyampaikan pelatihan paskibra hanyalah salah satu bagian dari kontribusi para pemuda untuk bangsanya, yang sebentar lagi akan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia dengan mengambil tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini diambil dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama 2 tahun, yakni pandemi covid-19.

Bergabung sebagai anggota paskibra adalah kebanggaan dan peristiwa bersejarah bagi diri sendiri. Ia mengharapkan agar generasi muda ini dapat melanjutkan kepemimpinan bangsa, memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas dan berpengetahuan. Dengan mempersiapkan masa depan sebaik-baiknya, karena semua ini harus diperjuangkan, perlu pengorbanan dan tekad yang tinggi.

“Selamat menjalankan tugas mulia pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti. Persiapkan diri dengan baik. Jaga kesehatan, jaga makanan dan konsentrasi, fokus. Agar tugas penting sejak pagi dan sore hari dapat berjalan sebaik-baiknya tanpa dan kendala,” pesannya.

Wakil Danramil 03 Leces Aam Nuralam selaku pelatih paskibra mengungkapkan dengan mepetnya waktu yang dimiliki, pihaknya bekerja keras untuk melatih agar tujuan yang diinginkan dapat  terpenuhi. “Dengan waktu 2 minggu saja, alhamdulillah anak-anak kami sudah dikukuhkan menjadi anggota paskibra. Pelaksanaan karantina akan dilaksanakan mulai hari ini (15/8) selama 3 hari dan anak-anak kami siap bertugas di tanggal 17 Agustus nanti,” ungkapnya.

Senada dengan itu, salah satu anggota Paskibra Azel mengaku bangga dan siap untuk menjalankan tugas. “Menjadi paskibra sebuah kebanggaan untuk kami, terutama orang tua dan keluarga kami. Saya sedari kecil sudah bercita-cita menjadi paskibra. Untuk itu kami tetap semangat dan kerja keras untuk persiapan tugas nanti,” ujarnya. (mir/fa)

BAGIKAN