Wali Kota: Jaga Nama Baik dan Saya Bangga pada Adik-Adik Ini

2022

KANIGARAN - Seremonial pelepasan 16 peserta Jambore Nasional (Jamnas) ke XI tahun 2022 dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo dilaksanakan Senin (8/8) pagi di rumah dinas wali kota. Sebelum diberangkatkan, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyempatkan untuk memberi motivasi dan nasehat kepada 8 putra dan 8 putri peserta pramuka penggalang itu.

Rencananya, mereka bersama dengan 2 pendamping akan mengikuti Pertemuan Akbar Pramuka Penggalang Tingkat Nasional di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur mulai tanggal 14 hingga 21 Agustus.

Salah satu pesan Wali Kota Habib Hadi kepada seluruh peserta Jamnas adalah untuk menjaga nama baik Kota Probolinggo. "Jaga nama baik Kota Probolinggo, karena anda mewakili Kota Probolinggo dan saya apresiasi dan bangga terhadap adik-adik ini," terang wali kota yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang.

Guna melatih kemandirian dan kedisiplinan generasi muda, wali kota mengimbau kepada pelajar sekolah di Kota Probolinggo untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka. "Semua anak-anak di lembaga-lembaga sekolahan dari SD, SMP itu semua harus bisa masuk dalam ekstrakurikuler pramuka ini karena sangat penting untuk bekal kedisiplinan, kemandirian dan kegiatan sosial lainnya," imbau Habib Hadi.

Jamnas ke XI tahun ini mengusung tema Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi dengan 208 paket kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut meliputi keterampilan kepramukaan; kampung pengembangan berkelanjutan; petualangan air; teknologi, kepramukaan, seni dan budaya; wisata edukasi; festival dan perayaan; petualangan air dan keagamaan.

Kepala Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo Budi Krisyanto yang turut mendampingi di acara juga sepakat mengenai pentingnya mengikuti kegiatan kepramukaan. Menurutnya gerakan pramuka turut serta membentuk pendidikan karakter pada generasi muda.

"Melalui gerakan pramuka ini ada kesempatan membangun karakter, bagaimana bisa menjadi generasi muda yang mandiri kemudian tangguh untuk menyikapi berbagai persoalan-persoalan," jelas Budi.

Sementara itu, salah satu peserta Jamnas dari SMP 7 Nanda menceritakan persiapannya dalam mengikuti agenda nasional 5 tahunan itu. "Sudah beberapa bulan yang lalu mempersiapkan dari fisik, mental, latihan setiap hari. Juga untuk materi-materi, mulai dari sandi, juga belajar tentang menaksir tinggi lebar. Biar di sana nanti menimba ilmu, di sini juga harus menimba ilmu," ungkap siswi yang menekuni pramuka sejak 2 tahun lalu itu. (dp/fa)

BAGIKAN