Wali Kota Minta Aktifkan Kembali Kampung Tangguh Semeru

2022

MAYANGAN - Menindaklanjuti usulan masyarakat pada Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) lalu, Kamis (23/6) pagi, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Kelurahan Wiroborang menggelar Pembinaan Lembaga Keswadayaan Kelurahan (LKK) untuk Peningkatan Kemampuan dalam Penanganan Risiko Bencana bagi warga kelurahan setempat di Gedung Paseban Sena.

Dihadapan puluhan peserta undangan yang terdiri dari kader posyandu, PKK, RT, RW, karang taruna dan lembaga kemasyarakatan lainnya, Lurah Wiroborang Firman Wigahadi Pratama menyampaikan bahwa keterlibatan masyarakat pada pembinaan ini bertujuan untuk memberi wawasan tentang mitigasi kebencanaan. "Agar masyarakat memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakat untuk mengurangi risiko bencana yang terjadi," terang Lurah Firman.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutan pembukaannya mengutarakan rasa terima kasih atas kekompakan dan pengabdian segenap LKK Kelurahan Wiroborang ke pemerintah kota. "Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh perangkat kelurahan mulai dari RT, RW, LPM, tiga pilar, pokmas, lurah beserta seluruh jajaran dan juga camat atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya," ucap Wali Kota Habib Hadi.

Menyinggung mengenai tema acara, wali kota menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. Maka dari wali kota meminta agar hasil materi pembinaan benar-benar diimplementasikan ke masyarakat sekitar. "Pulang dari sini bukan hanya selesai acaranya tapi ada tanggung jawab yang hasil dari pertemuan ini harus diimplementasikan di lingkungan kita masing-masing," pesannya.

Salah satu program yang dicontohkan oleh wali kota untuk bisa diimplementasikan adalah pengaktifan kembali program Kampung Tangguh Semeru di Kelurahan Wiroborang. "Kampung Tangguh Semeru, itu bagus, walaupun nama dipertahankan atau ada perubahan, yang penting menjadikan titik kumpul warga di dalam hal kemaslahatan di bidang sosial, ekonomi maupun di bidang lingkungan, ini sangat penting, ini baru saya minta pada Kelurahan Wiroborang," pinta Habib Hadi.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Wiroborang Bambang Hartono berharap usai pembinaan ini setiap anggota LKK memiliki kesadaran dan kepedulian dengan lingkungannya. "Minimal memunculkan kesadaran kepada masyarakat untuk bisa bersama sama mengatasi masalah kebersihan lingkungan khususnya, terutama sampah," kata Bambang.

Pemateri yang dihadirkan pada agenda kali ini adalah Ketua Komisi I DPRD Mochammad Jalal serta Kalaksa BPBD Sugito Prasetyo. Turut mendampingi wali kota yakni Plt. Camat Mayangan M. Abbas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wiroborang. (dp/fa)

BAGIKAN