Wali Kota Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbir, Wujud Sinergitas TNI-Polri dan Pemkot

2022

MAYANGAN - Dalam rangka menjaga kondusifitas kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), Minggu (1/5) sore Polres Probolinggo Kota Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

Bertindak sebagai pimpinan apel Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan sambutannya, bahwa gelar apel kesiapan ini merupakan wujud sinergitas TNI/Polri dengan Pemerintah Kota Probolinggo. "Sebagai wujud sinergitas solidaritas  TNI/Polri, Pemerintah Daerah, instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat guna memberikan rasa aman, nyaman selama merayakan malam takbir Idul Fitri 1443 H," terang Habib Hadi.

Terlebih, masih dalam kondisi pandemi Covid 19, Wali Kota Habib Hadi mengimbau kepada masyarakat, agar pelaksanaan takbir lebih baik dilakukan di musala atau masjid masing-masing. "Oleh karena itu kegiatan takbir keliling tersebut perlu kita upayakan pencegahan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat serta mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan takbir di masjid maupun di mushola masing-masing," pesan Wali Kota Habib Hadi.

Kepada petugas pengamanan, wali kota juga mengingatkan agar selalu menjalankan tugas dengan penuh dedikasi serta humanis. "Kegiatan pengamanan malam takbir ini merupakan operasi kemanusiaan, laksanakanlah dengan penuh rasa keikhlasan dan kedepankan sikap persuasif serta humanis," tambahnya.

Adapun peserta apel terdiri dari personil TNI dari Kodim 0820, Polresta Probolinggo Kota, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP dan Pramuka. 

Beberapa titik kerawanan juga turut disampaikan oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa'bani kepada peserta apel guna meningkatkan kewaspadaan. Diantaranya adalah kegiatan takbir keliling yang disertai mobilisasi massa serta ditambah dengan mobilisasi dari masyarakat lokal yang tidak mudik dan arus pemudik yang melewati Kota Probolinggo. 

"Ada beberapa kerawanan hasil mapping dari jajaran intelijen, yang biasa dilaksanakan di malam-malam takbiran, yang ada di beberapa daerah yaitu takbiran keliling akan tetapi dibarengi dengan mobilisasi massa yang cukup banyak, menabuh bedug dan peralatan-peralatan lainnya," tegas Wadi.

Untuk itu beberapa strategi telah diterapkan jajaran Polres Probolinggo Kota untuk mewujudkan rasa aman dan kondusif di tengah masyarakat. "Dari awal sebelum pengamanan malam hari ini, tentunya kita sudah melakukan upaya-upaya, rekan-rekan semua sudah melaksanakan upaya-upaya sesuai dengan strategi yang sudah kita laksanakan yaitu preemtif, preventif dan penegakan hukum," beber kapolresta. 

Hadir pula mengikuti apel kesiapan diantaranya perwakilan Kodim 0820 Probolinggo serta Kepala Dinas Perhubungan setempat Agus Effendi. (dp/fa)

BAGIKAN