Wali Kota Probolinggo Sambut dan Lepas Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

2022

KANIGARAN - Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Optimis Jatim Bangkit sampai kantor Wali Kota Probolinggo, Sabtu (17/9) siang. Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menerima Tim Kirab Pataka dalam upacara penyambutan di kantor pemerintah kota setempat. Kirab Pataka ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Dalam prosesi penyambutannya, Wali Kota Habib Hadi menerima Pataka dari Tim Kirab Satpol PP Kabupaten Pasuruan dan secara estafet diserahkan ke Tim Kirab Satpol PP Kota Probolinggo selanjutnya dikawal menuju Kantor Bupati Probolinggo di Kraksaan.

Rangkaian upacara tersebut, juga dibacakan Ripta Prasasti oleh Wali Kota Habib Hadi. Yakni amanat singkat Gubernur Jawa Timur yang ditulis di daun lontar. Pesannya, mengajak seluruh kepala daerah menjaga sinergitas, kolaborasi dan kerja sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Usai serah terima Pataka, ditampilkan pertunjukan dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pemadam Kebakaran. Yakni, atraksi yel-yel serta penyemprotan air dari 3 truk damkar secara bersamaan. Hal tersebut disampaikan wali kota sebagai salah satu keunikan yang disajikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

"Tentunya kita harus munculkan keunikan masing-masing, kita tampilkan semuanya karena kita mempunyai khas sendiri, kita tunjukkan, kita tampilkan kekompakan dan kebersamaan," jelas Habib Hadi.

Di peringatan Hari Jadi ke 77 Provinsi Jawa Timur ini Habib Hadi Zainal Abidin juga menyampaikan harapan agar sinergi antar daerah tetap terjalin untuk Jatim Bangkit. "Tentunya harapan kita, Jatim Bangkit, terus bisa berkarya, sinergi dengan daerah membangun bersama untuk wilayah Jawa Timur," harapnya.

Sebelumnya, Kirab Pataka diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Jumat (16/9) pagi di Gedung Negara Grahadi. Selanjutnya, berurutan menuju ke Kantor Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan 33 Kabupaten/Kota lainnya. Rangkaian agenda kirab akan diselesaikan selama 26 hari, hingga Senin (11/10) dan kembali di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Selain Pataka Jer Basuki Mawa Beya, juga diikutsertakan dalam kirab antara lain Bendera Merah Putih, Pataka Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka Satuan Linmas, Pataka Satuan Damkar dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya) dan Bendera Logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Hadir mengikuti upacara penyambutan antara lain Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, para asisten, seluruh Kepala Perangkat Daerah, anggota BPBD, Damkar, Linmas, Satpol PP Kota Probolinggo serta masyarakat umum dan pelajar. (dp/fa)

BAGIKAN