Ziarah dan Tabur Bunga untuk Kenang Pahlawan di Hari Pramuka

2022

KANIGARAN - Rangkaian acara memperingati Hari Pramuka ke-61 diawali ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Selasa (30/8) pagi. Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo mengajak 200 siswa gugus depan pramuka mulai dari jenjang SD dan SMP untuk mendoakan para almarhum pahlawan yang telah gugur.

Ziarah dan tabur bunga tersebut merupakan acara rutin tahunan memperingati Hari Pramuka oleh kwarcab Kota Probolinggo. “Sebenarnya Hari Pramuka memang bertepatan tanggal 14 Agustus kemarin, namun memang karena rangkaian kegiatannya banyak, jadi baru bisa diadakan hari ini untuk ziarah kubur di TMP,“ ucap Sumadji, Humas Pramuka Kwarcab Kota Probolinggo.

Ditemui di lokasi, Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wawan Soegyantono menyampaikan bahwa peringatan Hari Pramuka sebagai momen edukasi pengenalan lingkungan dan mempersiapkan diri menyesuaikan suatu situasi dan kondisi untuk adik-adik sekolah.

“Terkait ziarah kubur ini adik-adik bisa mengenang pahlawan yang telah gugur berjuang saat ikut andil dalam meneruskan perjuangan. Kalau adik-adik itu kan tugasnya belajar, juga membentuk karakter mereka ke depannya sehingga bisa memberikan sumbangsih untuk membangun Indonesia,” jelasnya.

 

Hafif, siswa SDN Tisnonegaran 1 juga mengaku ikut terbawa suasana khidmat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Siswa kelas 5 tersebut juga menyempatkan untuk berdoa ke salah satu makam pahlawan bersama teman-teman satu sekolahnya. Mereka sangat khusyuk di depan pusara pahlawan.

“Iya barusan tabur bunga, jadi ingat perjuangan para pahlawan yang sudah meninggal. Kita-kita ini yang masih muda harus tetap memperjuangkan semangat para pahlawan dengan belajar yang rajin,” ungkap Hafif. (sit/fa)

BAGIKAN