13 Kab/Kota Se Jatim Ikuti Horseback Archery Wali Kota Cup 2023

2023

KEDOPOK—Pemerintah Kota Probolinggo bersama Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (PORDASI) Kota Probolinggo dengan dukungan KONI setempat menggelar Horseback Archery Wali Kota Cup 2023 di lapangan Jalan Progo Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kedopok, Sabtu (10/6) pagi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 10-11 Juni 2023 diikuti 152 peserta dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Terdiri dari usia 15-20 tahun, dengan jumlah peserta 54 putra dan 46 putri. Kategori yang dipertandingkan adalah Horseback Archery (HBA) On Ground dan Horseback Archery (HBA) on horse.

“Kompetisi ini diadakan untuk menjalin ukhuwah di antara para penggiat dan para atlet archery khususnya di Kota Probolinggo sebagai olahraga yang baru. Kita semua yakin bahwa olahraga ini akan dikembangkan untuk menjadi lumbung dari medali di masa mendatang dan terus semangat untuk meraih prestasi,”ujar Ketua Panitia, Pandu Prajoko Timur dalam laporannya.

Dibandingkan tahun 2022 yang lalu, Pandu menilai perkembangan Horseback Archery (HBA) di Kota Probolinggo saat ini sangat signifikan. Ia menceritakan saat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim tahun 2022 Horseback Archery hanya diikuti 3 peserta putri, dan sekarang ini telah memiliki 9 atlet. “Ini luar biasa artinya perkembangan Horseback Archery terutama on horse begitu luar biasa. Mudah-mudahan kita siap menyongsong Porprov dan PON ke depan,” bebernya.

Total hadiah yang akan diperebutkan di Horseback Archery Wali Kota Cup 2023 berupa uang pembinaan senilai Rp 30 juta dan medali bagi juara 1, 2 dan 3. Sistem pertandingan menggunakan sistem endurance yakni menggunakan ketentuan waktu. 

“Misal kita pakai waktu 2 jam, peserta akan selesai di beberapa rambahan, 1 rambahan memakai 7 anak panah (arrow). Ini pada sistem babak penyisihan untuk duduk di 16 besar. Kemudian akan dirangking kembali hingga berada di 8 besar dan 4 besar. Nantinya diadu kembali untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3,” ungkap Pandu.

Pandu menargetkan kontingen Kota Probolinggo bisa meraih juara dalam Horseback Archery Wali Kota Cup 2023. “Targetnya atlet Kota Probolinggo bisa naik podium meraih juara. Mudah-mudahan bisa mendapat medali emas dan perak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Probolinggo Rahadian Juniardi mengapresiasi kejuaraan ini sebagai ajang mencetak atlet-atlet hingga tingkat nasional dan internasional. “Dengan penyelenggaraan Wali Kota Cup 2023 ini kami berharap bisa mencetak atlet-atlet hingga tingkat nasional dan internasional. Selain itu juga bisa menggerakkan perekonomian di wilayah Kota Probolinggo, mulai dari UMKM, penginapan (hotel) dan sebagainya. Dan masyarakat akan semakin mengenal olahraga Horseback Archery (HBA) ini,”pungkasnya.

Horseback Archery Wali Kota Cup 2023 dibuka oleh Pengprov PORDASI Jawa Timur, Aditya Nugraha, serta dihadiri Camat Kedopok, Ketua Umum PORDASI Kota Probolinggo dan jajaran forkopimda setempat. (mir/uby) 

BAGIKAN