Atlet PASI Tambah Koleksi Medali Kota Probolinggo, dalam Ajang Porprov VIII

2023

SIDOARJOKabar manis datang di hari terakhir pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Jatim VIII 2023 Cabang Olahraga (cabor) Atletik,  pada Kamis (14/9), di Stadion Gelora Delta. Atlet binaan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Probolinggo berhasil membawa pulang 3 medali emas dan 1 medali perunggu.

Medali itu disumbang oleh Mila Karmila dan Muhammad Arif. Mila berhasil meraih medali emas di nomor 3000 M - steaplechase dan 1500 M – woman. Sedangkan Arif turun di nomor triple jump, yang mengantarkannya ke podium utama. Sementara dari nomor long jump, Arif berhasil menggondol medali perunggu.

“Mila dapet dua medali emas. Untuk Arif, itu satu medali emas di nomor lompat jangkit dan satu medali perunggu lompat jauh,” terang Ketua Pelaksana Harian PASI Kota Probolinggo Gigih Eko Setiawan.

Pria yang akrab disapa Gege itu mengaku sangat bersyukur dengan capaian yang diraih oleh anak asuhnya itu. Meski dirinya mengaku sempat khawatir dengan kondisi salah satu dari 8 atletnya yang ikut bertanding pada event yang digelar sejak Selasa (12/9) lalu tersebut, karena pernah mengalami cedera.

“Karena ada cedera kaki, jadi ada penanganan khusus dulu yang dilakukan. Alhamdulillah masih bisa memberikan hasil maksimal,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih atas kemenangan ini pada Pemerintah Kota Probolinggo dan KONI yang tak hentinya memberikan dukungan pada atlet. “Terimakasih supportnya, kami juga selama event ini didampingi terus. Bahkan sebelum berangkat, anak-anak kami yang berangkat porprov diberikan sepatu lomba yang baru,” katanya.

Menurut Gege, persaingan di cabor atletik sangat ketat. Sehingga diperlukan upaya keras bagi atlet Kota Probolinggo dalam membidik medali. “Persaingan memang cukup ketat, dan kami rasa atlet dari Kota Tahu menjadi lawan terberat. Ini bisa jadi evaluasi juga ke depannya agar bagaimana bisa memberikan performa yang maksimal, khususnya dengan kehadiran atlet-atlet baru juga di tubuh PASI,” ujarnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Gege,  Ketua Umum Cabor Atletik Nanik Kastip pun mengapresiasi capaian yang diraih atletnya. “PASI akan tetap menjadi salah satu andalan KONI Kota Probolinggo dan kami akan tetap semangat dan meningkatkan disiplin dalam berlatih. Juga kami akan giat mencari bibit bibit baru sesuai tag line kami tak gelem kalah,” tegasnya.

Berdasarkan data yang diambil dari panitia Porprov Jatim per 14 September 2023 di porprovjatim.com/medali pukul 15.12 WIB diketahui Kota Probolinggo berhasil mengumpulkan 10 medali emas, 10 perak, dan 12 perunggu. Sehingga, kontingen asal Kota Probolinggo ini meraih 72 poin. (es/qie)

BAGIKAN