Atlet Senam Kota Sumbang 5 Medali Perunggu di Kejurprov Jatim 2023

2023

KEDOPOK - Atlet senam Kota Probolinggo tidak mau ketinggalan unjuk gigi di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur 13-18 Mei 2023 di GOR Kedopok. Tiga medali perunggu berhasil diraih di nomor artistik (16/5) kemarin dan dua medali perunggu disumbang oleh Qur’ani Za’i Matuzakiyah di nomor ritmik kategori usia 7-12 tahun dan Bella Dwi Hariyanti kategori usia 13-23 tahun, Rabu (17/5).

Di kejuaraan kali ini Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Kota Probolinggo menurunkan 23 atlet di nomor artistik, ritmik dan aerobic gymnastic. Mereka harus bersaing ketat dari 38 daerah di Jatim.

“Olahraga ini mengkombinasikan dengan seni, maka tidak bisa disamakan dengan cabor lainnya. Kami tetap berusaha mendorong anak-anak agar maksimal dan mengharumkan nama Kota Probolinggo. Dan prestasi ini sangat luar biasa bagi kami,”ujar Ketua Pengkot Persani Soviatun Fatimatuzzahro.

Sovi-sapaan akrabnya, menginginkan melalui ajang Kejuaran Provinsi (Kejurprov) ini masyarakat khususnya pelajar di Kota Probolinggo lebih mengetahui dan mengenal senam lantai. Senam lantai tidak hanya olahraga untuk kebugaran dan kesehatan tubuh tetapi juga olahraga prestasi hingga ke ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), PON dan Sea Games.

“Kami juga menargetkan untuk pengenalan dan pembibitan senam, karena sebenarnya potensi di Kota Probolinggo bagus sekali. Atlet yang kita miliki juga sangat bagus. Hanya kami butuh sarana prasarana yang lebih memadai untuk latihan. Support baik dari pemerintah dan masyarakat tetap kami butuhkan,”bebernya.

Ia berharap atlet senam Kota Probolinggo dapat berlaga di tingkat yang lebih tinggi yaitu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Jatim di bulan September mendatang. “Kami sudah bergerak dari bulan Januari mengirimkan atlet untuk dibantu oleh pelatih-pelatih di Provinsi Jatim. Harapannya kami bisa menorehkan emas untuk Kota Probolinggo,”harap Sovi.

Ditemui usai acara, atlet senam ritmik Qur’ani Za’i Matuzakiyah mengucap syukur atas keberhasilannya meraih medali perunggu. Tahun ini merupakan kali kedua ia mengikuti kejurprov dan berhasil menorehkan prestasi untuk Kota Probolinggo.

“Di Kejurprov tahun lalu saya kalah tidak mendapatkan medali. Dan alhamdulillah di tahun ini saya berhasil meraih medali, walau di rangking ketiga. Insyaallah di kejuaraan mendatang saya bisa meraih medali emas untuk Kota Probolinggo,”ungkapnya. (mir/uby)

BAGIKAN